Cara Mendengarkan <i>Losless Audio</i> di Apple Musik, Hasilkan Suara Lebih Berkualitas!
Cara mendengarkan lossless audio di Apple Music (9to5Mac)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021 yang berlangsung bulan Juni lalu, Apple memperkenalkan fitur lossless audio. Fitur ini digulirkan pada Apple Music dan bebas digunakan oleh para pelanggan (subscriber) aplikasi pemutar musik tersebut.

"Apple Music menghadirkan pengalaman mendengarkan tak tertandingi yang ditentukan oleh standar kualitas audio tertinggi," tulis perusahaan lewat halaman Dukungan Apple, Kamis, 5 Agustus.

Bagi pengguna yang ingin mendengarkan lossless audio, wajib memiliki perangkat serta versi software terkini. Saat kedua hal itu terpenuhi, subscriber Apple Music pun bisa leluasa streaming konten dengan audio sekelas Flac pada perangkat mereka.

Saat ini, beberapa seri iPad, iPhone, dan Mac sudah mendukung fitur lossless audio dengan frekuensi 24-bit/48kHz dan 48-bit/192kHz. Sementara itu, untuk Apple TV, baru mendukung kualitas CD standar.

Ada beberapa hal yang perlu dicatat pengguna. Perlu diingat, fitur ini menawarkan kualitas audio kelas atas. Artinya, ukuran file dari lagu atau konsen audio yang akan didengar pun tentu lebih besar ketimbang file yang kualitas suaranya standar.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutar musik dan mengaktifkan fitur lossless audio, baiknya jangan gunakan jaringan seluler. Soalnya bakal memakan kuota daya yang cukup besar kala aplikasi mengunduh file audio.

Di samping itu, fitur ini juga tidak bisa diaktifkan lewat headset bluetooth. Artinya, pemilik AirPods seri lawas tidak akan bisa mencicipi fitur audio canggih ini. Karena cuma bisa diakses lewat Airpods Max dan AirPdos Pro saja.

Cara Mengaktifkan Fitur Lossless Audio pada Apple Music

Sebelumnya, ada beberapa hal yang Anda butuhkan agar bisa mendengarkan audio lossles di iPhone atau iPad. Antara lain:

  1. Headphone, speaker aktif, atau pengeras suara lain yang memiliki sambungan headphone
  2. Speaker internal bawaan perangkat
  3. Jika Anda ingin mendengarkan lagu dengan frekuensi yang lebih tinggi dari 48 kHz, wajib gunakan konverter digital ke analog eksternal

Jika sudah menyiapkan syarat di atas, maka Anda sudah siap menjalankan cara mendengarkan lossless audio di iPad atau iPhone. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mendengarkan Lossless Audio di iPhone

  1. Buka aplikasi 'Pengaturan', kemudian pilih menu Musik
  2. Ketuk menu 'Kualitas Audio'
  3. Ketuk menu 'Lossless Audio' jika Anda ingin menyalakan atau mematikan
  4. Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa pilihan kualitas audio seperti 'Lossless untuk resolusi maksimum 24-bit/48 kHz' dan 'Hi-Res Lossless untuk resolusi maksimum 24-bit/192 kHz

Cara Mendengarkan Audio Lossless di Mac

Kurang lebih Anda juga membutuhkan beberapa persyaratan seperti pada iPhone. Dan jika sudah siap, langsung jalankan langkah di bawah:

  1. Buka aplikasi 'Apple Music'
  2. Pada bar menu, pilh menu 'Music' lalu pilih 'Preferensi'
  3. Selanjutnya, klik tab 'Pemutaran'
  4. Di bawah menu 'Kualitas Audio', klik untuk menghidupkan dan mematikan fitur Lossless Audio. Di sini, Anda juga bisa memilih kualitas audio yang ingin dihasilkan

Nah, itulah beberapa cara mendengarkan lossless audio di Apple Music yang bisa Anda ikuti. Jika ingin mendapatkan kualitas audio terbaik, segera jalankan langkah-langkah di atas.