Jeff Bezos Jajaki Pembayaran di Amazon dengan Uang Kripto, Nilai Bitcoin Bisa Meroket Lagi
Jaringan ritel Amazon, tengah mempertimbangkan pembayaran gunakan uang kripto. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan ritel milik Jeff Bezos, Amazon, saat ini tengah "menjajaki" cara menerima pembayaran dalam mata uang kripto, setelah perusahaan seperti Apple dan Tesla menyarankan mereka untuk mengikuti jejaknya. Jika perusahaan terbesar keempat di dunia ini membuka pasarnya di seluruh dunia untuk transaksi mata uang kripto, maka nilai Bitcoin dan Ethereum dipastikan dapat meningkat lagi.

"Pengumuman awal Tesla untuk menerima Bitcoin untuk produknya membantu berkontribusi membawa Bitcoin ke titik tertinggi sepanjang masa pada kuartal kedua tahun ini,” kata Greg Waisman, salah satu pendiri dan COO di jaringan pembayaran global Mercuryo, kepada  Express.co.uk

“Jika dampak ini direplikasi ketika Amazon sepenuhnya merangkul pembayaran kripto, kita dapat mulai melihat peremajaan dari aksi jual saat ini, dan pertumbuhan menuju tingkat harga baru yang tidak terlihat dalam beberapa bulan,” ungkap Waisman.

Saat ini, Amazon belum menerima mata uang kripto sebagai pembayaran. Akan tetapi baru-baru ini perusahaan tersebut menunjukkan sinyal bahwa hal ini dapat segera berubah.

Tim penerimaan dan pengalaman pembayaran di Amazon kini sedang mencari seorang pemimpin produk berpengalaman untuk mengembangkan strategi Mata Uang Digital dan Blockchain serta peta jalan produk mereka.

Jeff Bezos (kiri) ingin terapkan pembayaran kripto di Amazon. 

 

"Kami terinspirasi oleh inovasi yang terjadi di ruang cryptocurrency dan sedang mengeksplorasi seperti apa ini di Amazon," kata sumber di Amazon

Selain Bitcoin, Vechain menjadi kandidat mata uang kripto yang bisa melakukan transaksi di Amazon. Pada Juli ini, Vechain Foundation mengumumkan kemitraan dengan Shopping.io, platform online yang telah mengintegrasikan pembayaran kripto ke dalam e-commerce.

Sejak awal Juli, konsumen dapat menggunakan token Vechain untuk membeli di Amazon, eBay, Walmart, dan Etsy melalui Shopping.io.

"VeChain adalah pencapaian yang sangat besar untuk shopping.io karena komunitas mereka yang bersemangat dan umur panjang di ruang angkasa,” kata CEO Shopping.io tentang kerja samanya dengan VeChain. "Kami sangat antusias untuk melihat apa lagi yang bisa dibawa masa depan melalui kemitraan ini."

Berbicara tentang kemungkinan integrasi pembayaran cryptocurrency di Amazon, Waisman menambahkan bahwa Amazon sedang mencoba untuk masuk ke ekosistem mata uang digital yang sangat ambisius dan akan berfungsi sebagai pengubah permainan ke ekosistem mata uang yang lebih luas.

"Perusahaan baru-baru ini memasang iklan untuk mempekerjakan ahli kripto untuk membantu menavigasi masuknya ke medan pembayaran kripto,” kata Waisman. "Inilah yang telah dilakukan Tesla tahun ini, dan apa yang ingin digabungkan oleh perusahaan-perusahaan besar di Wall Street.”

"Namun, Amazon sebagai salah satu perusahaan paling berharga di dunia akan membantu meningkatkan standar karena perusahaan memiliki jutaan pelanggan yang akan membantu menyebarkan upaya integrasi pembayaran kripto,” tambah Waisman.

Amazon hingga kini belum menerima pembyaran lewat mata uang kripto. 

 

Apple juga mengisyaratkan bahwa mereka sedang membicarakan gagasan untuk menerima pembayaran dalam mata uang kripto. Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook sekarang mencari negosiator utama untuk menjalin kemitraan dengan mitra “pembayaran alternatif”. Perusahaan itu telah mendaftarkan mata uang kripto sebagai mekanisme "pembayaran alternatif" yang sedang mereka pertimbangkan.

Pada 'B-Word Conference' baru-baru ini, CEO Tesla Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaannya akan menerima kembali pembayaran dalam Bitcoin jika operator penambangan "setelah uji tuntas" ditemukan menggunakan lebih dari 50 persen energi terbarukan.

Perusahaan media sosial besar seperti Facebook dan Twitter juga mempertimbangkan mata uang kripto sebagai metode pembayaran untuk menggunakan produk mereka. Jack Dorsey, CEO Twitter mengumumkan bahwa perusahaannya berencana untuk memperkuat model bisnis Twitter baru menggunakan Bitcoin.