Ini 14 Perusahaan Besar Dunia yang Terima Pembayaran dengan Bitcoin dan Altcoin, Ada Starbucks, Coca Cola, Tesla, dan Amazon
Perusahaan dunia yang terima pembayaran dengan kripto (bmmagazine)

Bagikan:

JAKARTA – Belakangan ini mata uang kripto kerap menjadi headline berita karena harganya yang terus melambung tinggi, terlepas dari volatilitasnya. Investor dan trader kripto juga meningkat signifikan. Selain itu, sejumlah perusahaan raksasa dikabarkan mulai menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

Melansir EuroNews, sejumlah perusahaan besar mulai dari perusahaan teknologi hingga maskapai penerbangan mulai mengadopsi mata uang kripto. Ini memungkinkan para pelanggan untuk membayar barang dan jasa dengan menggunakan cryptocurrency.

Berikut ini daftar perusahaan besar dunia yang menerima pembayaran dengan Bitcoin dan Altcoin mulai dari hotel hingga maskapai penerbangan.

  1. Pavilion Hotels & Resorts

Pavilion Hotels & Resorts yang berbasis di Hong Kong ini merupakan salah satu perusahaan terbaru yang menerima pembayaran dengan cryptocurrency. Pavilion Hotels & Resorts telah menjadi jaringan hotel internasional pertama yang mengadopsi kripto sebagai alat pembayarannya.

Pavilion Hotels & Resorts tersebar di berbagai kota dunia seperti Madrid, Amsterdam, Roma, Lisbon, dan Phuket, serta Bali. Perusahaan jaringan hotel internasional itu dikabarkan akan menerima pemesanan hotel dengan menggunakan 40 jenis kripto termasuk Bitcoin dan Ethereum sejak bulan Juli lalu hasil dari kemitraan perusahaan dengan platform pembayaran Coindirect.

  1. Asuransi AXA

Perusahaan asuransi AXA telah memperbolehkan Bitcoin sebagai opsi pembayaran untuk para pelanggannya di Swiss sejak April lalu. Sebelum keputusan tersebut diimplementasikan pihak perusahaan terlebih dulu melakukan riset pada 2019  dan menemukan sepertiga respondennya yang berusia 18 hingga 55 tahun tertarik untuk melakukan investasi dalam kripto.

Para pelanggan akan mendapatkan kode referensi dalam tagihan polis asuransi non-jiwa untuk melakukan pembayaran lewat bursa kripto Bitcoin Suisse. Exchange tersebut akan mengonversi pembayaran dengan kripto ke Franc Swiss.

  1. Microsoft

Di perusahaan raksasa teknologi Microsoft, Bitcoin bisa digunakan untuk melakukan pembayaran layanan video game dan aplikasi video telekonferensi milik Microsoft seperti Xbox Live dan Skype. Adopsi pembayaran kripto merupakan langkah penting bagi perusahaan besar seperti Microsoft dalam meningkatkan kepercayaan pasar.

  1. Starbucks

Starbucks terima pembayaran dengan kripto (peru-retail)

Setelah serangkaian uji coba, kini pelanggan Starbucks sudah bisa menggunakan aplikasi Bakkt untuk membayar kopi dengan menggunakan Bitcoin. Pihak pengembang aplikasi tersebut mengungkapkan sudah ada 500.000 pelanggan yang mengakses layanan pembayaran dengan Bitcoin untuk Starbucks pada tahap uji coba metode pembayaran tersebut.

  1. Tesla

Bos pabrikan mobil listrik Tesla, Elon Musk telah menerima pembelian Tesla dengan menggunakan Bitcoin pada tahun ini. Meski pun beberapa waktu kemudian Musk menangguhkan pembayaran tersebut karena prihatin terhadap dampak lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas penambangan Bitcoin dengan menggunakan energi fosil.

Tesla terima pembayaran dengan Bitcoin (Business Insider)

Elon Musk juga telah berinvestasi dalam Bitoin senilai 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp21,5 triliun. Dia juga mengumumkan bahwa Tesla akan membuka kembali pembayaran dengan Bitcoin jika penambangan BTC sudah beralih ke energi terbarukan sekitar 50 persen.

  1. Amazon

Perusahaan milik Jeff Bezos yakni Amazon dikabarkan bergabung dengan jajaran perusahaan raksasa teknologi lain seperti Facebook dalam membuat mata uang kripto sendiri. Meski pun beberapa waktu lalu Amazon dirumorkan bakal menerima pembayaran mata uang kripto, pihak perusahaan mengabarkan tidak langsung menerima pembayaran dengan kripto.

Walau pun begitu, pengguna bisa membeli voucher di Amazon lewat platform kripto Bitrefill. Dengan Bitrefill Bitcoin bisa dikonversi menjadi kartu hadiah, bisa digunakan untuk mengisi ulang kartu ponsel, dan berbagai fungsi lainnya.

  1. Visa

Pada Maret lalu perusahaan kartu kredit Visa bermitra dengan platform Crypto.com guna menerima pembayaran mata uang kripto. Kabar terbaru Visa juga menerima stablecoin seperti USD Coin (USDC).

  1. PayPal

Para pengguna PayPal di Amerika Serikat juga sudah bisa membeli, menjual, atau menyimpan sejumlah mata uang kripto meliputi Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Bitcoin Cash (BCH), dan Litecoin (LTC) di dalam aplikasi PayPal.

Selain pengguna PayPal di AS, pengguna di Inggris juga dikabarkan sudah bisa memperdagangkan mata uang kripto Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash di web dan aplikasi ponsel PayPal. Namun, hingga saat ini pihak PayPal belum mengumumkan apakah mereka berencana memperluas layanan tersebut ke berbagai negara lain di dunia.

  1. airBaltic

Perusahaan maskapai penerbangan airBaltic telah menerima pembayaran dengan Bitcoin pada 2014 silam. Perusahaan mengabarkan bahwa pihaknya telah memproses lebih dari 1.000 pembayaran dengan Bitcoin sejak airBaltic merilis opsi pembayaran tersebut 7 tahun lalu. Keputusan tersebut kemudian diikuti oleh perusahaan penerbangan LOT Polish Airlines.

Maskapai airBaltic terima pembayaran dengan Bitcoin (vestikavkaza)

  1. LOT Polish Airlines

Pada tahun 2015, maskapai penerbangan Polandia LOT Polish Airlines mengumumkan menerima pembayaran Bitcoin untuk pembelian tiket pesawat. LOT menjadi perusahaan maskapai di Eropa yang menerima mata uang kripto sebagai metode pembayaran baru setelah airBaltic.

  1. Rumah Lelang Sotheby's

Sejak akhir Juni 2021 lalu, rumah lelang Sotheby’s mulai menerima mata uang kripto sebagai pembayaran. Selain kripto mereka juga mulai melelang aset seni digital non-fungible token (NFT).

Setelah pengumuman menerima kripto, tidak lama kemudian Sotheby’s dikabarkan menerima pembelian berlian 101 karat dalam Bitcoin. Waktu itu berlian dijual pada bulan Juli seharga 12,3 juta dolar AS (Rp176,5 miliar). Berlian tersebut terjual dengan harga yang paling tinggi yang dibeli dengan mata uang kripto dalam sebuah acara lelang.

Sotheby’s menerima Bitcoin dan Ethereum sebagai alat pembayarannya. Meski demikian, rumah lelang tersebut memberikan batasan tertentu untuk pembayaran dengan kripto karena hanya akan diterima lewat dompet bursa kripto yang sudah disetujui seperti Coinbase.

  1. Coca Cola

Coca-Cola dikabarkan terima pembelian produk dengan uang kripto (Coca-Cola Company)

Perusahaan minuman terbesar di kawasan Asia Pasifik, Coca Cola telah mengumumkan mata uang kripto sebagai opsi pembayarannya setelah pihak perusahaan bermitra dengan platform Centrapay. Saat ini sudah ada 2.000 lebih mesin penjual otomatis di Australia dan Selandia Baru yang bisa menerima pembelian minuman dengan mata uang kripto.

  1. Expedia

Expedia merupakan agen perjalanan ternama yang menerima pembayaran Bitcoin. Keputusan tersebut merupakan hasil dari kemitraan perusahaan dengan Travala, sebuah platform pemesanan perjalanan yang ramah kripto.

Saat ini pengguna sudah bisa memesan kamar di 700.000 hotel yang terdaftar dalam situs webnya. Pembayaran bisa menggunakan 30 jenis mata uang kripto berbeda, termasuk Bitcoin.

  1. Lush

Perusahaan penjualan kosmetik Lush telah menerima pembayaran dengan mata uang kripto sejak 2017 lalu. Perusahaan kosmetik hand-made tersebut menerima opsi pembayaran dengan Bitcoin di situs webnya setelah Lush bekerja sama dengan Bitpay.com.

Demikian daftar perusahaan besar dunia yang menerima pembayaran dengan mata uang kripto seperti Bitcoin dan Altcoin. Belum diketahui apakah ke depannya sejumlah perusahaan besar lain akan mengikuti langkah perusahaan besar tersebut dalam menerima pembayaran dengan mata uang kripto. Tampaknya keputusan menerima pembayaran kripto tersebut merupakan bagian dari kepercayaan perusahaan terhadap cryptocurrency.