Ingin Bangun PLTN Aman, Elon Musk Disebut Tokoh Pro Nuklir
PLTN, pembangkit listrik yang tak menimbulkan efek rumah kaca namun limbahnya sangat berbahaya. (foto: Nicolas HIPPERT/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Elon Musk kini disebut-sebut sebagai tokoh yang "pro nuklir." Ini muncul setelah pernyataannya dalam  konferensi The B-Word yang diselenggarakan oleh Crypto Council for Innovation, yang digelar Rabu, 21 Juli. 

Musk menilai penambangan bitcoin berkelanjutan  bisa tercipta dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (POLTN). Energi nuklir dianggap “energi bersih” karena dalam menghasilkan energi, nuklir tidak melepaskan gas rumah kaca. Tetapi karena beberapa kecelakaan tingkat tinggi, pembangkit listrik tenaga nuklir saat ini memiliki reputasi buruk.

“Saya pikir pembangkit listrik tenaga nuklir modern aman, bertentangan dengan apa yang mungkin dipikirkan orang,” kata CEO Tesla dan SpaceX. “Saya benar-benar berpikir itu mungkin untuk membuat nuklir yang sangat, sangat aman. Saya sedang berbicara tentang fisi. Anda tidak perlu fusi.”

Fisi nuklir adalah proses yang digunakan dalam reaktor nuklir konvensional. Dengan reaksi fisi, sebuah neutron menabrak atom yang lebih besar yang membelahnya menjadi dua atom yang lebih kecil, yang melepaskan energi.

Fusi adalah reaksi kebalikan dari fisi. Dengan fusi, atom-atom yang lebih kecil saling bertabrakan dan bergabung menjadi atom yang lebih berat, sehingga melepaskan energi. Fusi adalah proses dimana matahari menghasilkan energi.

“Anda memiliki reaktor fusi besar di langit yang disebut matahari. Itu muncul setiap hari,” kata Elon Musk.

Beberapa menyatakan fusi sebagai cara yang lebih aman untuk menghasilkan energi nuklir, karena fisi menghasilkan limbah radioaktif yang dapat tetap berbahaya untuk waktu yang sangat lama, sementara fusi tidak menghasilkan limbah radioaktif berumur panjang (di antara alasan lainnya).

Masalahnya adalah, dengan teknologi saat ini, fusi merebut semua energi yang diciptakannya untuk mempertahankan reaksinya, tanpa meninggalkan "energi bersih" untuk menggerakkan hal-hal lain. Beberapa perusahaan sedang berupaya untuk mengkomersialkan energi fusi, tetapi sejauh ini, mereka belum berhasil.

Pada hari Rabu, Musk tidak merinci bagaimana pembangkit listrik tenaga nuklir dapat dibuat "sangat aman." Tetapi Musk secara terbuka mendukung penggunaan energi nuklir selama bertahun-tahun.

“Kita harus membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga nuklir,” kata Musk dalam wawancara tahun 2007 dengan PBS. “Saya pikir itu cara yang lebih baik untuk menghasilkan energi daripada pembangkit listrik tenaga batu bara atau pembangkit listrik tenaga gas alam.”

Saat ini, sekitar 20% energi yang dihasilkan di Amerika Serikat berasal dari nuklir, menurut Administrasi Informasi Energi AS.

Teknologi energi nuklir konvensional menggunakan fisi telah berkembang dan meningkat selama bertahun-tahun. Misalnya, Bill Gates mendirikan perusahaan nuklir canggih, TerraPower, yang berinovasi pada teknologi pembangkit listrik warisan. Namun, ada penentangan yang kuat terhadap penggunaan tenaga nuklir.

Penentang tenaga nuklir mengatakan masih ada risiko yang terkait dengan tenaga nuklir, terlepas dari inovasi teknologi, dan solusi yang lebih baik adalah fokus pada peningkatan sumber energi terbarukan, seperti angin dan matahari.