Bagikan:

JAKARTA - Firefox akhirnya memutuskan akan tetap mendukung Sistem Operasi (OS) milik Microsoft, Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 setidaknya hingga 2024.

Awalnya, Mozilla Foundation mempertimbangkan untuk menghentikan browser di OS yang sekarang sudah mati pada Agustus 2023, tetapi rencana itu kemudian direvisi yang akan memberi pengguna lebih banyak waktu.

Pengumuman tersebut datang dalam bentuk balasan oleh karyawan Mozilla Mike Kaply di situs pelacakan bug Mozilla, Bugzilla. Dia menegaskan Firefox 115 Extended Support Release (ESR) yang tiba pada 4 Juli 2023 masih akan mendukung Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1.

Firefox ESR merupakan rilis stabil dari browser open-source yang didukung Mozilla untuk jangka waktu yang lama dibandingkan dengan rilis biasa, atau rilis cepat yang keluar setiap bulan.

Selama siklus dukungan satu tahunnya, setiap versi ESR Firefox hanya mendapatkan pembaruan tambahan yang berisi perbaikan keamanan tanpa fitur baru atau peningkatan kinerja.

Selain itu, browser juga akan menerima pembaruan dan perbaikan keamanan hingga setidaknya kuartal ketiga (Q3) 2024. Namun, tim pengembangan belum menentukan tanggal tertentu untuk berhenti mendukung Firefox pada sistem operasi yang sudah ketinggalan zaman.

"Kami tidak akan mengakhiri dukungan untuk Windows 7/Windows 8 sebelum rilis Firefox 115 ESR, jadi Firefox 115 ESR akan mendukung Windows 7/Windows 8 setidaknya hingga 3Q 2024," ungkap Kaply.

Keputusan perusahaan bukan tanpa alasan. Menurut Laporan Data Publik Firefox mengungkapkan Windows 7 masih memberikan porsi yang cukup besar dari keseluruhan basis pengguna (13,44 persen).

Sedangkan Windows 10 adalah platform terkemuka dengan 71 persen pengguna, dan Windows 8.1 masih digunakan oleh 2,3 persen pengguna Firefox, seperti dikutip dari TechSpot, Kamis, 30 Maret.

Berbeda dengan Mozilla, Google dan Microsoft telah mengakhiri dukungan Chrome dan Edge pada Windows 7 dan 8.1 lebih dahulu.