Bagikan:

JAKARTA – Mozilla mengumumkan mereka akan terus mendukung Firefox ESR 115 hingga enam bulan ke depan. Secara tidak langsung, Mozilla menyatakan mereka masih mendukung Windows versi lama.

Awalnya, Mozilla merilis Firefox 115 pada Juli tahun lalu sebagai update terakhir untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Versi Firefox ini juga direncanakan menjadi pembaruan terakhir untuk macOS 10.12 Sierra, 10.13 High Sierra, dan 10.14 Mojave saat itu.

Setelah Firefox 116 dirilis, versi yang lebih lama dipindahkan ke saluran Firefox ESR, yaitu platform yang sering menerima pembaruan keamanan, tetapi jarang mendapatkan pembaruan fitur. Karena itu, versi Firefox ini lebih banyak digunakan di sistem Windows yang lama.

Saat ini, Mozilla sudah memperbarui Firefox ESR ke versi 128 yang hanya bisa diakses oleh Windows 10 ke atas dan macOS terbaru. Namun, versi 115 masih tetap tersedia, setidaknya hingga awal tahun depan.

"Setelah meninjau data penggunaan tersebut, diputuskan bahwa kami akan terus mendukung cabang ESR 115 hanya untuk platform yang disebutkan sebelumnya selama 6 bulan ke depan," kata Ryan Vander Meulen, Direktur Utama Manajer Rilis Firefox.

Meulen menjelaskan Mozilla akan kembali meninjau data penggunaan versi ESR 115 pada awal tahun depan. Hal ini perlu dilakukan karena versi ini sudah sulit untuk mendapatkan backport patch untuk menjaga keamanan dan kualitas data.

"Pada awal tahun 2025, kami akan meninjau kembali data penggunaan saat ini dan memutuskan pada saat itu juga apakah diperlukan perpanjangan lebih lanjut atau tidak. Kami telah memperbarui whattrainisitnow.com untuk mencerminkan perpanjangan ini," ungkap Meulen.