Mozila Matikan Aplikasi Firefox Lockwise dan Berganti dengan Manajemen Kata Sandi Baru
Mozilla Firefox, muncul dengan manajemen kata sandi baru. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA -  Mozilla akan secara resmi menghentikan dukungan untuk pengelola kata sandi Firefox Lockwise pada 13 Desember.

Firefox Lockwise sendiri memulai debutnya pada tahun 2019 sebagai cara bagi pengguna iOS dan Android untuk membuat, mengelola, dan menyinkronkan kata sandi di seluruh perangkat.

Tidak seperti pengelola kata sandi lainnya, yang sebagian besar agnostik browser, Firefox Lockwise dirancang khusus untuk digunakan dengan browser web senama.

Pada 13 Desember, aplikasi mandiri akan dihentikan dan digantikan dengan alat manajemen kata sandi bawaan Firefox.

"Anda tidak akan dapat lagi menginstal atau menginstal ulang Firefox Lockwise dari App Store atau Google Play Store," kata Mozilla dalam artikel dukungan.

"iOS versi 1.8.1 dan Android versi 4.0.3 akan menjadi rilis terakhir untuk Firefox Lockwise. Aplikasi dapat terus bekerja pada perangkat Anda, tetapi tidak akan lagi menerima dukungan atau pembaruan keamanan," ungkap mereka seperti dikutip oleh PC Mag.

Namun, pengguna Firefox Lockwise tidak akan kehilangan akses ke kata sandi mereka setelah aplikasi dimatikan, karena Mozilla mengatakan bahwa browser desktop dan seluler Firefox akan terus menyimpan data penting itu. Yang harus dilakukan pengguna adalah menyinkronkan kata sandi mereka menggunakan Akun Firefox.

Perusahaan mencatat bahwa Firefox untuk iOS hanya akan mengizinkan kata sandi yang disimpan untuk digunakan dalam aplikasi, tetapi mendorong pengguna untuk "memeriksa kembali pembaruan pada Desember 2021 tentang cara menggunakan Firefox untuk iOS sebagai pengelola kata sandi seluruh sistem Anda," sehingga harus segera berubah.

Mozilla tidak mengatakan mengapa memutuskan untuk berhenti mendukung Firefox Lockwise. Mereka  juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari PC Mag.

Sementara itu, pengguna memiliki waktu hingga 13 Desember untuk mulai mencari pengelola kata sandi alternatif.