Mozilla Akuisisi Perusahaan Metaverse, Pertanda Bakal Terjun ke NFT?
Mozilla terjun ke web3. (Foto; Dok. Wired)

Bagikan:

JAKARTA – Pengembang peramban Firefox, Mozila Corporation baru-baru ini mengumumkan akuisisinya terhadapa perusahaan rintisan yang berfokus pada pengembangan metaverse berbasis web, Active Replica.

Mozilla mengumumkan akuisisi perusahaan rintisan yang berbasis di Kanada ini dalam sebuah posting blog pada hari Rabu. Perusahaan menyoroti kontribusi Active Replica terhadap Mozilla Hubs. Hubs adalah platform bagi komunitas untuk membangun ruang acara virtual dan menyelenggarakan acara.

"Pengalaman magis dan imersif yang dibangun Active Replica sangat selaras dengan dunia kita yang semakin terdistribusi dan jauh lebih dulu," tulis eksekutif senior Mozilla Imo Udom.

Tim Active Replica akan melanjutkan pekerjaannya di Mozilla Hubs, membantu menambahkan fitur baru ke mesin Hubs.

"Bersama-sama, kami melihat ini sebagai peluang utama untuk membawa lebih banyak inovasi dan kreativitas ke Hubs daripada yang bisa kami lakukan sendiri," tulis eksekutif Mozilla.

Para pendiri Active Replica mengatakan bahwa mereka sangat senang bergabung dengan tim Mozilla. Akuisisi ini akan membantu memajukan misi mereka untuk memungkinkan orang terhubung secara virtual, kata mereka.

"Mozilla telah lama mengadvokasi internet yang lebih sehat dan telah menjadi inspirasi bagi kami dalam dedikasi dan kontribusinya terhadap web terbuka," kata pendiri Active Replica Jacob Ervin dan Valerian Denis.

Mozilla juga baru-baru ini mengakuisisi Pulse, sebuah startup di balik pembaru status aktif untuk platform perpesanan populer Slack. Alat ini memanfaatkan teknologi machine learning (ML) dan tim Pulse akan membangun solusi ML untuk Mozilla.

Browser Mozilla yang open-source dan mendukung privasi, Firefox, adalah browser pilihan bagi banyak penggemar blockchain. Komitmen Mozilla terhadap perangkat lunak open-source, yang tersedia bagi semua orang untuk dilihat, digunakan, dan diubah, juga populer di kalangan penduduk asli kripto. Mozilla Foundation, cabang nirlaba dari Mozilla Corporation, juga merupakan salah satu pengadopsi awal di bidang donasi kripto.

Namun, pada bulan Januari, Mozilla berhenti menerima sumbangan kripto dalam bentuk Bitcoin dan token proof-of-work lainnya. Perusahaan mengutip kekhawatiran atas dampak iklim dari token semacam itu. Namun, mereka mengatakan bahwa mereka akan terus menerima donasi dalam token proof-of-stake.