Animoca Brands Akuisisi Eden Games untuk Ciptakan Gim Balap dengan Ekosistem Metaverse dan NFT
Ilustrasi gamer, tengah bermain gim balap mobil. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan gim  dan modal ventura Animoca Brands telah menyelesaikan akuisisi penting Eden Games, dari penerbit Gear.Club, seri Test Drive, dan gim  balap populer lainnya.

Eden Games adalah perusahaan yang berbasis di Prancis yang didirikan pada tahun 1998. Engine Gaming and Media menjual 96% sahamnya di perusahaan tersebut kepada Animoca seharga  15,3 juta dolar AS (Rp 219 miliar) pada tanggal 7 April.

Dengan akuisisi tersebut, Animoca berencana untuk meningkatkan ekosistem REVV Motorsport (REVV) dengan mengambil "pendekatan pertama Metaverse" untuk judul gim  baru dan yang sudah ada, seperti yang di-tweet oleh ketua Animoca Yat Siu pada 12 April.

Ia juga berharap untuk memperkenalkan gim balap berbasis blockchain baru. Eden Games memiliki kemitraan dalam industri otomotif dengan orang-orang seperti BMW, Bugatti, Porsche, dan lainnya yang akan membantu Animoca membangun rangkaian permainan yang lebih kuat untuk para pecinta gim balap.

Ekosistem REVV Motorsport mencakup gim balap eponymous pada solusi penskalaan Ethereum Polygon, MotoGP: Ignition, Formula E: High Voltage, dan Torque Drift. Semua game berbasis blockchain dan mengintegrasikan token nonfungible (NFT).

Dengan memasukkan produk NFT-nya ke dalam olahraga, Animoca akan dapat memanfaatkan perkiraan Deloitte senilai  2 miliar dolar AS (Rp 28,7 triliun) dalam transaksi NFT olahraga pada tahun 2022.

Co-founder dan ketua Animoca Brands Yat Siu mengatakan dalam sebuah pernyataan 11 April bahwa akuisisi tersebut akan “menambah nilai bagi komunitas REVV dan metaverse balap” melalui banyak asetnya di dunia balap.

Seperti dilaporkan oleh Cointelegraph, Animoca telah sibuk membangun ekosistem gim balapnya sendiri dan mencari untuk mengisi kekosongan yang diciptakan oleh gim F1 Delta Time-nya yang ditutup pada 15 Maret setelah kehilangan lisensinya dengan merek balap Formula 1. Belum ada kabar tentang judul baru apa yang mungkin sedang dikembangkan sebagai hasil dari akuisisi baru.

Balap F1 adalah olahraga populer di industri kripto dengan setidaknya delapan perusahaan kripto, termasuk pertukaran Binance, Crypto.com, dan solusi penskalaan Ethereum Fantom, yang saat ini mensponsori tim F1. Dari perspektif bisnis, popularitasnya sangat masuk akal mengingat sekitar satu miliar penggemar global diperkirakan akan menonton balapan sepanjang musim 2022.

Animoca Brands adalah salah satu investor paling aktif di ruang NFT dan Metaverse. Kepemilikan lainnya termasuk The Sandbox (SAND) dan Axie Infinity (AXS).