Bagikan:

JAKARTA - Anichess, sebuah game browser gratis yang menggabungkan permainan catur klasik dengan elemen-elemen ajaib seperti sihir, cerita fantasi, dan Web3, telah meluncurkan versi betanya ke publik. Gim ini dikembangkan oleh studio game terkemuka di dunia, Animoca Brands, dengan menggandeng platform catur terpopuler Chess.com dan juara catur dunia, Magnus Carlsen.

Anichess versi beta kini sudah bisa dimainkan. Gim tersebut menawrkan pengalaman bermain single-player yang cukup menarik, di mana pemain dapat menyelesaikan tantangan puzzle harian yang berisi strategi catur dan mantra sihir. Tidak hanya itu, pemain juga bisa menjelajahi empat kerajaan di Anichess, yaitu Aether, Water, Fire, dan Earth. Setiap kerajaan memiliki latar belakang, musik, dan karakternya masing-masing.

Sayangnya gim ini belum memiliki mode player-vs-player (PVP). Padahal, dalam catur, permainan dalam mode inilah yang paling menantang karena harus berhadapan dengan musuh secara nyata. Meski begitu, pengembang Anichess menyatakan bahwa mode PVP akan segera ditambahkan dalam gim pada kuartal pertama tahun ini.

Tidak hanya itu, nantinya Anichess juga akan dibekali demgan berbagai format sebagaimana permainan catur pada umumnya seperti mode catur cepat blitz, rapid, atau klasik. Pengguna juga bakal bisa berpartisipasi dalam turname dan liga catur Anichess.

"Anichess adalah permainan yang saya sukai karena ia merevolusi permainan catur dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Saya senang dapat berkolaborasi dengan Animoca Brands dan Chess.com untuk menciptakan pengalaman catur yang menyegarkan bagi para pemain di seluruh dunia," kata pecatur juara dunia, Magnus Carlsen.

NFT Unik dan Langka Orb of Power

Tidak seperti permainan catur pada umumnya, Anichess dibekali dengan non-fungible token (NFT) dengan sebutan Orb of Power. NFT ini bisa didapatkan pemain dengan cara menyelesaikan tantangan puzzle harian. Orb of Power merupakan aset digital unik dan bersifat langka. Ini bisa digunakan pemain untuk membuka konten dan fitur tambahan dalam gim. Yang paling menarik adalah NFT orb of Power dapat diperdagangkan di marketplace NFT.

Orb of Power memiliki bentuk potongan catur, seperti pion, benteng, kuda, gajah, ratu, atau raja, dan memiliki elemen yang berbeda tergantung kerajaan berbeda seperti Aether, Water, Fire, atau Earth. Setiap Orb memiliki karakteristik dan kekuatan yang berbeda, yang dapat mempengaruhi permainan catur. Misalnya, Orb of Fire dapat membakar potongan lawan, sedangkan Orb of Water dapat membanjiri papan catur.

Orb of Power pertama kali dirilis pada jaringan scaling Ethereum Polygon pada Agustus 2023 dan telah mencapai lebih dari 33.700 MATIC (sekitar Rp 445 juta) dalam total volume perdagangan sejauh ini, menurut data NFT OKX. Pemain dapat mengumpulkan Orb of Power secara gratis dengan menghubungkan dompet kripto mereka ke game, atau membelinya di pasar NFT dengan menggunakan kripto seperti MATIC, ETH, atau SAND.

Moca ID

Anichess juga akan menawarkan integrasi Moca ID, yaitu sebuah platform loyalitas yang dibuat oleh Animoca Brands untuk menghubungkan berbagai game dan proyek blockchain yang mereka kembangkan. Dengan Moca ID, pemain dapat mengakses berbagai manfaat dan hadiah, seperti diskon, akses eksklusif, dan NFT gratis.

Moca ID juga akan terhubung dengan Mocaverse, yaitu sebuah metaverse yang akan menjadi rumah bagi berbagai game dan proyek blockchain milik Animoca Brands, seperti The Sandbox, F1 Delta Time, Axie Infinity, dan lain-lain. Mocaverse akan menjadi tempat di mana pemain dapat berinteraksi, bermain, dan berdagang dengan pemain lain dari berbagai game dan proyek.

Dengan penggabungan permainan catur dan NFT, Anichess berhasil mengumpulkan $1,5 juta (sekitar Rp 23,4 miliar) dalam pendanaan awal pada bulan Juni 2023. Kucuran dana tersebut berasal dari sejumlah investor awal seperti GameFi Ventures, Koda Capital, 708 Capital, The Operating Group, dan lainnya. Game ini diharapkan meluncur dalam versi alpha dan dapat dimainkan pada kuartal pertama 2024.