Animoca Brands Dapat Suntikan Rp5,17 Triliun untuk Bangun Metaverse dan NFT
Blockchain menjadi kata kunci dalam dunia teknologi dan bisnis. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan gim  Metaverse Animoca Brands telah mengumpulkan hampir 360 juta dolar AS (Rp5,17 triliun)dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Liberty City Ventures, Selasa, 18 Januari. Investasi baru ini membuat perusahaan tersebut bernilai lebih dari 5 miliar dolar AS.

Animoca Brands - perusahaan asal Australia dengan kantor pusat di Hong Kong - berinvestasi dan membangun dunia virtual online berbasis blockchain, di mana aset seperti tanah sering dapat dibeli dalam bentuk token non-fungible (NFT). Mereka telah berinvestasi di lebih dari 150 NFT dan perusahaan terkait metaverse.

Di banyak lingkungan yang disebut metaverse, pengguna dapat membeli tanah, berjalan-jalan sebagai avatar, bermain game, dan bertemu teman baru.

Istilah ini menjadi kata kunci dalam teknologi dan bisnis tahun lalu. Perusahaan terkait Metaverse melihat kebingungan dalam investasi dan token crypto platform metaverse melonjak, didorong oleh Facebook  yang mengubah namanya menjadi "Meta" untuk menandakan komitmennya terhadap konsep tersebut.

Sementara itu, NFT telah meledak popularitasnya, dengan volume penjualan mendekati 25 miliar dolar AS pada tahun 2021.

Ketua dan salah satu pendiri Animoca Brands, Yat Siu, telah vokal dalam pandangannya bahwa pengembangan "Web3" atau metaverse bergantung pada kemampuan pengguna untuk memiliki aset berbasis blockchain.

Animoca Brands biasanya menerima sekitar 7,5% dari setiap transaksi NFT-nya di pasar utama OpenSea. OpenSea adalah pasar NFT utama dan telah melihat sekitar 3 miliar dolar AS dalam volume penjualan dalam sebulan terakhir, menurut pelacak pasar DappRadar.

Animoca Brands menerbitkan 111.173.515 saham, senilai 358.888.888 dolar AS, dan mengatakan akan menggunakan hasilnya untuk akuisisi, investasi, pengembangan produk dan untuk membeli lisensi untuk kekayaan intelektual populer.

Penggalangan dana dipimpin oleh perusahaan modal ventura Liberty City Ventures. Gemini Frontier Fund, Sequoia China dan Winklevoss Capital termasuk di antara investor lainnya.

Pada rapat pemegang saham bulan lalu, diumumkan bahwa Siu akan memegang sekitar 7,3% saham dari Animoca Brands setelah putaran pendanaan terakhir, kata perusahaan itu.

"Animoca Brands telah membangun dan mengembangkan merek-merek terkemuka di ruang gim dan metaverse yang terdesentralisasi," kata Tyler Winklevoss, pendiri Winklevoss Capital dan Gemini, seperti dikutip oleh Reuters. "Kami memiliki keyakinan yang luar biasa dalam visinya dan bersemangat untuk mendukung misinya."

Perusahaan memiliki cadangan aset digital, seperti token kripto, senilai 15,9 miliar dolar AS pada akhir November 2021, naik dari 2,9 miliar dolar AS pada akhir September 2021, menurut laporan keuangannya yang tidak diaudit. Animoca Brands dikabarkan telah mengumpulkan 216 juta dolar AS pada tahun 2021.

Pada bulan November, SoftBank memimpin putaran pendanaan 93 juta dolar AS di anak perusahaan Animoca Brands, The Sandbox.  Token Sandbox, "SAND", telah naik lebih dari 8.500% pada tahun lalu, menurut Coinbase.