Mulai Tahun Depan, Layanan OneDrive Tak Lagi Tersedia untuk Pengguna Windows Lawas
Microsoft akan memberhentikan layanan OneDrive di banyak PC. (foto: microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akan memberhentikan layanan OneDrive di banyak PC yang menjalankan Windows versi lebih lawas mulai awal tahun depan. Perubahan tersebut akan berdampak pada Windows 7, 8, dan 8.1.

Pengguna dengan sistem operasi tersebut tidak akan lagi dapat menyinkronkan konten mereka ke cloud mulai 1 Maret 2022. OneDrive juga tidak akan lagi menerima pembaruan jika dijalankan pada sistem yang tidak menginstal Windows 10 atau Windows 11.

Meski demikian, file masih dapat diakses dari aplikasi OneDrive, apa pun versi Windows yang digunakan, tetapi file hanya tidak akan lagi diunggah secara otomatis ke cloud.

Untuk menghindari masalah apa pun dengan OneDrive, Microsoft merekomendasikan pengguna menginstal ke versi Windows yang lebih baru sebelum Maret tahun depan. Untuk sistem yang tidak dapat menjalankan Windows 10 atau Windows 11, Microsoft menyatakan bahwa pengguna masih dapat mencadangkan file mereka dengan mengunggahnya ke aplikasi web OneDrive.

Mengutip Slashgear, Senin, 8 November, selain menghentikan pembaruan dan kemampuan untuk menyinkronkan, OneDrive di Windows 7, 8, dan 8.1 akan kehilangan dukungan pada 1 Januari. Microsoft menjelaskan, perubahan ini akan memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber daya pada teknologi dan sistem operasi baru, serta membantu menjaga keamanan pengguna.

Perusahaan baru-baru ini juga telah membuat Windows 11 tersedia untuk pengguna, meskipun peluncurannya kontroversial karena persyaratan spesifikasi minimum TPM 2.0. Microsoft mengatasi hal ini dengan menerbitkan dokumen yang menjelaskan cara mengaktifkan TPM 2.0 di PC, meskipun tidak semua komputer mendukungnya.

Perubahan OneDrive ini terutama akan berdampak pada pengguna yang masih menggunakan Windows pada perangkat keras yang lebih lama, jika modelnya lebih dari lima tahun, ada kemungkinan besar itu tidak mendukung persyaratan minimum Windows 11, meskipun membuat lompatan ke Windows 10 tetap menjadi pilihan.