Giliran Spotify dan Phone Link yang Datang untuk Widget Windows 11 Setelah Messenger
Microsoft minggu lalu baru saja meluncurkan widget pihak ketiga pertamanya untuk Windows 11. (FOTO: DOK.MICROSOFT)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft minggu lalu baru saja meluncurkan widget pihak ketiga pertamanya untuk Windows 11 dengan aplikasi Messenger milik Meta, dan minggu ini giliran Spotify yang hadir bersama Windows 11 build 25290.

Widget baru itu, yang diluncurkan untuk pengguna Insiders di Dev Channel akan memberi mereka akses cepat ke daftar putar, sehingga mereka bisa mulai memutar musik favorit di sana.

Berdasarkan tangkapan layar yang dirilis Microsoft, widget Spotify baru memberi pengguna kemampuan untuk memulai daftar putar yang direkomendasikan.

Selain itu, terdapat juga widget baru untuk aplikasi Phone Link milik Microsoft. Dengan aplikasi Phone Link di widget, ia akan menampilkan konten seperti informasi baterai untuk ponsel pengguna yang terhubung serta pesan terbaru darinya.

Penambahan widget Spotify hari ini terjadi sekitar seminggu setelah Microsoft mengumumkan Meta juga akan menambahkan widget Messenger ke Windows 11. Aplikasi itu sekarang memiliki versi pratinjau dari widgetnya yang tersedia.

Seperti biasa, untuk mendapatkan widget ini, pengguna hanya perlu memperbarui aplikasi ke versi terbaru yang tersedia di Microsoft Store. Kemudian, buka panel widget dan klik + untuk menambahkan widget, tempat mereka akan menemukan aplikasi yang terinstal.

Pengguna juga akan mulai melihat lebih banyak widget tersedia sekarang karena Windows App SDK 1.2 memungkinkan pengembang untuk membuatnya, meskipun masih eksklusif untuk Insider Dev Channel.

Selain widget baru, Windows 11 build 25290 hanya membawa sedikit perubahan pada menu Start, khususnya pada menu pengguna, seperti dikutip dari XDA Developers, Jumat, 3 Februari.

Microsoft sedang bereksperimen dengan antarmuka (UI) baru yang menampilkan peringatan ketika pengguna mungkin perlu mengambil tindakan tertentu yang terkait dengan akun mereka. Misalnya, pengguna mungkin diminta untuk membuat cadangan data menggunakan OneDrive.

Karena widget terbatas pada build orang dalam, widget hanya tersedia untuk dicoba oleh pengembang. Saat ini tidak jelas kapan kedua widget akan tersedia dalam rilis publik untuk dicoba semua orang.