Microsoft Hadirkan Akses iMessage di Windows Melalui Phone Link App
Microsoft akan membawa akses iMessage ke Windows melalui aplikasi Phone Link. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akan membawa akses iMessage ke Windows melalui aplikasi Phone Link. Preview dari aplikasi yang diperbarui akan tersedia untuk Windows Insiders pada 1 Maret. Aplikasi Phone Link memungkinkan pengguna iPhone untuk menghubungkan perangkat mereka ke laptop atau PC Windows dan, dengan pembaruan ini, akan memungkinkan pengguna iPhone untuk mengirim dan menerima pesan melalui iMessage, melakukan dan menerima panggilan, serta melihat pemberitahuan telepon mereka di dalam Windows 11.

Microsoft menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan perangkat Windows ke iPhone, mengirim perintah dan pesan ke aplikasi Messages (iMessage) pengguna. Artinya, Anda akan dapat mengirim pesan langsung dari PC ke kontak yang juga menggunakan iPhone, tetapi ada beberapa batasan.

Anda tidak akan dapat mengirim gambar dalam pesan atau berpartisipasi dalam obrolan grup. Seperti yang terlihat dalam tangkapan layar aplikasi Phone Link, pengguna PC akan melihat percakapan iMessage mereka dalam bentuk yang disederhanakan.

"Kami mengirimkan pesan bolak-balik melalui Bluetooth, Apple pada gilirannya mengirimkan pesan tersebut sebagai iMessage begitu sampai di sistem mereka," jelas Yusuf Mehdi, kepala pemasaran konsumen Microsoft, dalam wawancara dengan The Verge.

Anda juga tidak akan melihat riwayat pesan lengkap dalam percakapan, karena hanya pesan yang telah dikirim atau diterima menggunakan Phone Link yang akan ditampilkan. Microsoft juga tidak menggunakan gelembung biru atau hijau dalam Phone Link, karena perusahaan tidak dapat membedakan antara pesan teks standar dan yang dikirim melalui iMessage.

Integrasi Phone Link untuk iOS sederhana dibandingkan dengan apa yang tersedia untuk Android, tetapi Microsoft belum pernah mendukung pesan atau panggilan untuk pengguna iPhone sebelumnya, jadi ini adalah langkah yang tepat. Karena Phone Link dibundle dengan Windows 11, ia juga native dibandingkan dengan aplikasi penghubung PC alternatif yang kita lihat dari Intel, Dell, dan lainnya.

"Ini adalah sesuatu yang ingin kami lakukan selama ini," kata Mehdi. "Pengalaman dengan Android sangat baik, dan kami merasa perlu untuk mengeluarkan sesuatu [untuk iPhone]."

Meskipun tidak akan ada integrasi foto dalam Phone Link, Microsoft sudah menawarkan integrasi Foto iCloud di dalam aplikasi Foto Windows 11. Mudah untuk membayangkan bahwa ini mungkin akan muncul di Phone Link pada suatu saat di masa depan.

Dukungan Phone Link baru ini tiba bersamaan dengan pembaruan Windows 11 yang besar yang mencakup Bing yang didukung AI pada taskbar, fitur perekaman layar, optimasi sentuhan yang lebih baik, dan lainnya.

Jika Anda tertarik untuk menguji dukungan Phone Link baru untuk iOS ini, akan tersedia untuk Windows Insiders di saluran Dev, Beta, dan Release Preview, tetapi Microsoft memulai pengujian dengan "sebagian kecil" tester minggu ini.

"Kami akan meningkatkan ketersediaan pratinjau untuk lebih banyak Insiders dari waktu ke waktu dan berdasarkan umpan balik yang kami terima dengan set pertama Insiders ini," kata tim Windows Microsoft dalam sebuah postingan blog.