Cara Akses iMessage di Windows 11, Inilah Manfaatnya bagi Pengguna iPhone
Ilustrasi cara akses iMessage di Windows 11 (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Microsoft memperbarui layanannya dengan menghadirkan fitur Phone Link untuk iPhone. Dengan adanya fitur ini, pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi SMS bawaannya yakni iMessage untuk pertama kalinya di Windows 11. Bagaimana cara akses iMassage di Windows 11?

Jika sebelumnya fitur Phone Link di Windows hanya bisa untuk ponsel Android, kini pengguna iPhone sudah bisa menghubungkan ponsel mereka ke Windows 11. Hadirnya layanan ini memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas di laptop maupun smartphone iPhone. 

Cara Akses iMessage di Windows 11

Fitur Phone Link untuk menghubungkan iPhone ke Windows 11 akan bisa digunakan secara bertahap di seluruh dunia. Preview update Phone LInk tersebut telah tersedia untuk kalangan pengguna yang tergabung di Windows Insider. 

Microsoft menggunakan bluetooth untuk menyambungkan perangkat laptop atau PC Windows ke iPhone. Perangkat Windows 11 mampu meneruskan perintah dan pesan ke aplikasi iMessage melalui Phone Link. 

Manfaat Fitur Phone Link Windows untuk iPhone

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh pengguna iPhone dengan fitur Phone Link Windows. Melalui fitur tersebut, pengguna iPhone bisa mengakses aplikasi iMessage di laptop atau PC Windows 11. 

Pengguna bisa melihat notifikasi hingga pesan (SMS) yang ada di ponsel secara langsung dari laptop atau PC. Jadi pengguna tidak perlu repot lagi membuka layar ponsel iPhone mereka untuk mengeceknya. 

Pengguna juga bisa mengirim pesan langsung ke kontak pengguna iPhone lewat Windows. Selain itu, pengguna juga bisa menerima dan melakukan panggilan telepon di Windows 11. 

Sebelum adanya fitur Phone Link tersebut, iMessage hanya bisa diakses dalam perangkat ekosistem Apple. Misalnya pengguna membuka aplikasi iMessage di laptop Macbook mereka. 

Keterbatasan iMessage di Windows 11

Namun iMessage Windows 11 untuk iPhone masih memiliki keterbatasan. Fitur ini hanya bisa dijalankan melalui konektivitas bluetooth. Jadi pengguna iPhone harus tetap mendekatkan ponselnya di laptop untuk bisa mengakses aplikasi iMessage. 

Jika pengguna berada cukup jauh dari laptop maka fitur Phone Link Windows untuk iPhone tidak akan berfungsi. Jarak jangkauan bluetooth sendiri bisa mencapai 40 meter persegi. 

Keterbatasan lain dari fitur Phone Link Windows untuk iPhone adalah tidak dapat mengirim gambar dalam pesan. Jadi pengguna hanya akan menerima dan mengirim pesan dengan format yang setara SMS, bukan MMS. Selain itu, pengguna juga tidak bisa berpartisipasi dalam grup. 

Selain itu fitur daftar pesan yang tersimpan juga terbatas. Pengguna hanya bisa melihat pesan iMessage yang baru masuk atau dikirim via aplikasi Phone Link saja. Akses tersebut juga hanya bisa ketika iPhone masih terhubung dengan PC Windows 11. 

Jadi riwayat percakapan yang ada di iMessage tidak bisa dilihat oleh pengguna melalui fitur Phone Link Windows. Kondisi ini terjadi ketika iPhone belum terhubung dengan Phone Link. 

Pesan di Message yang masuk lewat Phone link juga tidak akan dibedakan menjadi balon percakapan (bubble chat) berwarna hijau atau biru seperti ketika di perangkat Apple. Warna hijau untuk pesan dari perangkat selain Apple. Sementara warna biru untuk pesan dari perangkat Apple. 

Demikianlah ulasan mengenai cara akses iMessage di Windows 11. Aplikasi iMessage pada iPhone bisa dibuka di laptop atau PC Windows dengan konektivitas bluetooth. Namun penggunaan iMessage di Windows masih memiliki sejumlah keterbatasan dibanding Phone Link untuk Android. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.