Pengguna di Brasil Kini Bisa Menjadi Kontributor untuk <i>Community Notes</i>
Pengguna Brasil kini bisa jadi kontributor di Community Notes Twitter (foto: Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir tahun 2022 kemarin, Twitter memperkenalkan kembali fitur Catatan Komunitas atau Community Notes yang diluncurkan sebagai rebranding dari fitur yang sudah ada sejak 2021 silam.

Pada awal peluncurannya, Community Notes Twitter hanya tersedia untuk kontributor (penulis) dari Amerika Serikat saja. Namun, Twitter kini mengizinkan pengguna di Brasil untuk dapat menjadi kontributor di Community Notes.

"Selamat datang kontributor di Brasil! Kami sangat senang menghadirkan Community Notes ke salah satu komunitas terbesar di Twitter, dan yang pertama menulis dan menilai catatan terutama dalam bahasa utama yang berbeda," tulis Twitter pada Jumat, 3 Maret.

Fitur ini digunakan untuk membantu pengguna terhindar dari misinformasi dan hoaks. Fitur ini merupakan sistem cek fakta berskala besar dengan metode crowdsource. Dengan metode ini, siapa saja yang berada dalam program Community Notes bisa ikut mengoreksi informasi yang berkemungkinan misleading atau hoaks. 

Pada pembaruannya bulan Februari kemarin,  Twitter telah meluncurkan kemampuan baru yang memungkinkan Community Notes untuk memberitahu Anda jika Anda terlibat (likes, retweet, reply) dengan tweet bohong. 

"Mulai hari ini, Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika Community Notes mulai muncul di Tweet yang telah Anda balas, Sukai, atau Retweet. Ini membantu memberi orang konteks tambahan yang mungkin mereka lewatkan," tulis media sosial milik Elon Musk bulan lalu.

Jadi, ketika Anda membalas, menyukai, atau me-retweet suatu postingan, Twitter akan membalas tweet Anda dengan Community Notes untuk mengetahui kebenaran dari konteks tersebut.