Twitter Tambahkan Aturan Baru Bagi yang Ingin Menulis di Fitur Community Notes
Fitur Community Notes (foto dok. Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter belum lama ini meluncurkan fitur Community Notes, ditujukan untuk membantu pengguna terhindar dari misinformasi dan hoaks. Sekarang, perusahaan menetapkan aturan baru untuk menggunakan fitur ini.

"Pada September, kami mulai meminta kontributor baru untuk membuka kemampuan menulis catatan dengan terlebih dahulu membuat peringkat yang berharga. Ini meningkatkan kualitas catatan rata-rata sedemikian rupa sehingga, hari ini, kami secara surut mewajibkan semua kontributor memenuhi kriteria ini untuk menulis catatan," tweet Twitter @CommunityNotes dalam pengumumannya.

Dijelaskan, semua kontributor yang ingin menulis di Community Notes dapat terlebih dahulu menilai catatan kontributor lain dalam jumlah yang cukup, sebelum mereka bisa menulis catatannya sendiri.

Rating Impact juga berkaitan dengan seberapa sering peringkat kontributor membantu komunitas mengidentifikasi catatan yang kemudian mendapatkan status Helpful atau Not Helpful di antara kelompok pengguna yang lebih luas.

Jadi, kontributor lama atau baru akan diberi kesempatan untuk menilai catatan dan menilai mereka dengan cara yang mencerminkan apa yang juga akan dinilai oleh komunitas Twitter. Ini membantu menyingkirkan orang yang ingin memengaruhi Community Notes dengan milik mereka sendiri.

Kemampuan untuk tetap bisa menulis di Community Notes akan dibuka ketika seorang kontributor telah mencapai minimal lima Rating Impact.

Melansir The Verge, Kamis, 22 Desember, catatan, yang membutuhkan peringkat dapat ditemukan di bawah bagian Needs Your Help pada Community Notes untuk meningkatkan Rating Impact seorang kontributor.

Selain itu, ada pula poin Writing Impact bagi kreator Community Notes yang juga dinilai berdasarkan feedback audiens. Jika mereka tidak dapat mempertahankan peringkat Writing Impact yang cukup tinggi, kreator itu akan kehilangan kemampuan untuk menulis di Community Notes.

Community Notes, yang sebelumnya dikenal sebagai Birdwatch adalah program moderasi konten berbasis komunitas Twitter yang memungkinkan pengguna menambahkan konteks ke tweet untuk menjaga kualitas konten dan mengurangi kesalahan informasi di platform.

Pengguna Twitter yang ingin menjadi kontributor harus memenuhi kriteria kelayakan yang tercantum di FAQ Twitter, seperti tidak memiliki pelanggaran aturan Twitter baru-baru ini dan telah bergabung dengan Twitter setidaknya enam bulan sebelumnya.

Sebagai informasi, Community Notes telah menjadi fokus utama CEO baru Twitter Elon Musk, dengan pandangan catatan yang dikirimkan oleh pengguna Twitter sendiri, dapat memberikan cara lain untuk membangun proses moderasi yang lebih mandiri.

Namun, pembatasan baru tentang siapa yang dapat menulis Community Notes ini tidak secara eksplisit berasal dari Musk sendiri, tetapi perubahan tersebut dapat mengurangi partisipasi dalam layanan moderasi konten crowdsourced dan, pada gilirannya, membatasi seberapa sering komentarnya dikoreksi secara publik di platform.