Community Notes Twitter Kini dapat Dilihat oleh Pengguna di Seluruh Dunia
Tampilan Community Notes di Twitter. (Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter mulai meluncurkan Community Notes untuk semua orang di seluruh dunia, sebagai cara kolaboratif baru dalam menghadirkan informasi yang lebih terpercaya. 

Berdasarkan catatan dari Twitter, Community Notes bertujuan untuk menciptakan dunia informasi yang lebih baik dengan memberdayakan orang-orang di Twitter untuk secara kolaboratif menambahkan konteks pada Tweet yang berpotensi menyesatkan.

Kontributor nantinya akan dapat meninggalkan catatan di Tweet apa pun dan jika ada cukup banyak kontributor dari berbagai sudut pandang yang menganggap catatan itu bermanfaat, catatan tersebut akan ditampilkan secara publik di sebuah Tweet.

Awalnya, fitur ini hanya diluncurkan oleh pengguna Twitter di Amerika Serikat (AS) saja, namun dalam tweet terbaru, Twitter mengungkapkan bahwa Community Notes kini tersedia di seluruh dunia. 

Perlu ditekankan bahwa Community Notes adalah fitur yang berjalan mandiri. Artinya, tim Twitter tidak akan dapat mengedit atau memodifikasi catatan tersebut. 

"Tweet dengan Community Notes tidak akan diberi label, dihapus, atau diberi alamat oleh Twitter kecuali jika diketahui melanggar Peraturan Twitter, Persyaratan Layanan, atau Kebijakan Privasi kami," tulis Twitter dalam situs pusat bantuannya. 

Anda juga sudah dapat mendaftarkan diri sebagai kontributor di Community Notes ini melalui link yang diberikan Twitter melalui akun @CommunityNotes.

"Orang-orang di seluruh dunia yang ingin menulis catatan, sekarang dapat mendaftar. Kami akan memperluas basis kontributor negara demi negara. Kami akan segera menambahkan kontributor dari negara baru pertama," tambah Twitter

Jika Anda belum dapat melihat atau mendaftar Community Notes, Anda tidak perlu khawatir. Karena Twitter akan menambahkan negara-negara lain selain AS secara bertahap.