Fungsi dan Cara Kerja Community Notes Twitter, Fitur untuk Cegah Hoaks dan Misinformasi
Fitur Community Notes Twitter (foto: dok Twitter)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Community Notes merupakan fitur baru yang dihadirkan oleh Twitter. Platform media sosial berlogo burung ini meluncurkan fitur Community Notes untuk menghindarkan penggunanya dari paparan hoaks atau misinformasi. 

@CommunityNotes, akun resmi Community Twitter, mengungkapkan bahwa dengan fitur ini pengguna dapat melihat dan merespons catatan. Langkah ini dilakukan untuk membantu dalam memastikan bahwa catatan yang diberikan bermanfaat bagi pengguna dari berbagai sudut pandang. 

Community Notes sebenarnya bukan fitur yang sepenuhnya baru. Fitur ini merupakan rebranding dari fitur yang sudah ada, yakni Birdwatch yang dirilis pada 2021. Perubahan nama dilakukan setelah Twitter diakuisisi oleh Elon Musk. 

Fungsi dan Cara Kerja Community Notes Twitter

Community Notes memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama dengan Birdwatch. Fitur ini merupakan sistem cek fakta berskala besar dengan metode crowdsource. Dengan metode ini, siapa saja yang berada dalam program Community Notes bisa ikut mengoreksi informasi yang berkemungkinan misleading atau hoaks. 

Lantas bagaimana cara kerjanya? Pengguna Twitter yang tergabung dalam Community Notes disebut dengan kontributor/moderator. Kontributor ini bisa menambahkan catatan (notes) di twit yang menurutnya terindikasi hoaks atau misinformasi. Penambahan catatan tersebut akan mengambil referensi sekaligus menyematkan link dari laman resmi penerbit atau organisasi. 

Pengguna Twitter lainnya dapat cuitan berserta tambahan catatan tersebut. Pengguna juga bisa memberikan respons, untuk menilai apakah catatan yang diberikan membantu atau tidak. 

Contoh Fungsi Community Notes Twitter

Peran fitur Community Notes bisa diterapkan pada berbagai macam topik yang dinilai terindikasi hoaks atau misinformasi. Misalnya ada cuitan tentang pandemi COVID-19. Lalu ada pengguna yang menambahkan catatan berkaitan dengan tweet tersebut. 

Di bawah catatan akan muncul pertanyaan “Is this note helpful?”: apakah catatan ini membantu? Ada pilihan jawaban, yaitu “Ya”, “Mungkin”, dan “Tidak”. Jika pengguna memilih “Ya” maka sistem akan mengeluarkan pertanyaan lanjutan terkait bagian mana yang dinilai membantu. 

Jika pengguna menjawab “Tidak” maka akan muncul pertanyaan lanjutan terkait apa yang membuat pengguna tidak setuju dengan catatan tersebut. Lalu jika memilih jawaban “Mungkin” maka akan ada pertanyaan lanjutan tentang bagian mana saja yang menurut pengguna bermanfaat dan tidak bermanfaat. Jawaban kemudian dikirimkan dengan mengklik “Submit and Agree”.

Namun jika pembuat twit tidak terima dengan catatan yang ditambahkan, maka pembuat bisa mengajukan peninjauan tambahan. Pihak Twitter menyatakan tidak akan menulis, merespons, atau memoderasi catatan yang dibuat oleh kontributor. Jadi catatan murni berdasarkan penilaian dari kontributor. Namun apabila kontributor melanggar ketentuan layanan dan kebijakan Twitter maka catatan akan ditangguhkan. 

Selain itu, pengguna lainnya juga berhak melaporkan catatan yang dinilai tidak sesuai dengan konteks atau melanggar aturan. Cara melaporkannya dengan mengeklik ikon titik tiga horisontal, lalu klik “report” atau “laporkan”. 

Kontriburtor yang ingin bergabung dalam program Community Notes harus berkomitmen untuk memberikan informasi yang valid, sesuai fakta, dan tidak menyesatkan. Ketetapan ini diberlakukan oleh Twitter untuk menghindari konteks yang keliru atau melenceng.

Itulah fungsi dan cara kerja fitur Community Notes Twitter yang dihadirkan belum lama ini. Twitter akan memperluas persebaran kontributor program tersebut berdasarkan masing-masing negara karena setiap wilayah memilih urgensi yang berbeda-beda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.