Hakim San Francisco Putuskan Twitter Wajib Umumkan ke Karyawan 60 Hari Sebelum Lakukan PHK Massal
Shannon Liss-Riordan (kiri), pengacara penggugat dan pembela hak-hak karyawan twitter. (foto: wtitter @SLissRiordan)

Bagikan:

JAKARTA - Hakim federal San Francisco telah memutuskan, bahwa Twitter Inc harus memberi tahu ribuan pekerjanya yang di-PHK, setelah diakuisisi oleh Elon Musk, tentang usulan gugatan kelompok yang menuduh perusahaan gagal memberikan pemberitahuan yang memadai sebelum memberhentikan mereka,

Hakim Distrik AS James Donato dalam perintah tiga halaman pada Rabu 14 Desember mengatakan bahwa sebelum meminta pekerja untuk menandatangani perjanjian pesangon yang mengesampingkan kemampuan mereka untuk menuntut perusahaan, Twitter harus memberi mereka "pemberitahuan singkat dan jelas" dari gugatan yang diajukan bulan lalu.

Twitter memberhentikan sekitar 3.700 karyawan pada awal November sebagai langkah pemotongan biaya oleh Musk, dan ratusan lainnya kemudian mengundurkan diri.

Gugatan tersebut mengatakan Twitter gagal memberikan pemberitahuan 60 hari yang diwajibkan oleh undang-undang federal dan California sebelum melakukan PHK massal. Namun Twitter membantah melakukan kesalahan itu.

Donato dalam putusan tersebut mengatakan meminta pekerja untuk mengesampingkan tuntutan hukum terhadap Twitter tanpa memberi tahu mereka tentang gugatan tersebut akan menyesatkan.

Twitter telah setuju untuk tidak mencari pembebasan dari pekerja yang di-PHK sambil menunggu keputusan Donato.

Shannon Liss-Riordan, pengacara penggugat, menyebut keputusan tersebut sebagai "langkah dasar namun penting yang akan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk lebih memahami hak-hak mereka alih-alih hanya menandatanganinya."

Sementara Twitter tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters tentang putusan itu.

Twitter sebelumnya berpendapat bahwa pemberitahuan tidak diperlukan karena sebagian besar karyawannya telah menandatangani perjanjian yang mengharuskan mereka untuk membawa sengketa hukum ke arbitrase dan melepaskan kemampuan mereka untuk bergabung dalam gugatan perwakilan kelompok melawan perusahaan.

Donato dijadwalkan mengadakan sidang bulan depan atas mosi Twitter untuk mengirim kasus tersebut ke arbitrase. Penggugat mengubah keluhan mereka bulan ini untuk menambahkan pekerja yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah menandatangani perjanjian arbitrase.

Twitter menghadapi tiga gugatan class action lainnya di pengadilan yang sama atas PHK tersebut. Tuntutan hukum tersebut menuduh Twitter gagal memberikan pemberitahuan kepada pekerja kontrak sebelum memberhentikan mereka dan mendiskriminasi perempuan dan karyawan penyandang disabilitas. Perusahaan belum menanggapi klaim tersebut.

Liss-Riordan, yang terlibat dalam semua tuntutan hukum, mengatakan dia dapat mengajukan klaim pekerjaan tambahan terhadap Twitter, termasuk jika perusahaan menolak pembayaran pesangon kepada pekerja yang di-PHK.

Dia juga mengatakan minggu lalu bahwa dia akan membela pekerja jika Musk menindaklanjuti ancaman yang dilaporkan untuk menuntut karyawan yang membocorkan informasi rahasia kepada pers.