Bagikan:

JAKARTA - Twitter telah memberhentikan 50% karyawannya, pada Jumat, 4 November dalam sebuah tweet. Namun kemampuan moderasi konten platform media sosial tetap ada. Tweet oleh kepala keselamatan dan integritas, Yoel Roth,  ini untuk meyakinkan kepada pengguna dan pengiklan kebijakan baru setelah pengambilalihan perusahaan oleh miliarder Elon Musk.

Yoel Roth  juga memproyeksikan PHK akan mempengaruhi sekitar 3.700 orang, atau 50% dari staf. Di antara mereka yang dilepaskan adalah 784 karyawan dari kantor pusat perusahaan di San Francisco dan 199 di San Jose dan Los Angeles.

Roth mengatakan 15% karyawan Twitter di tim kepercayaan dan keamanan, yang bertanggung jawab untuk mencegah penyebaran informasi yang salah dan konten berbahaya, juga diberhentikan. Di seluruh perusahaan, PHK ini mempengaruhi 50% karyawan, yang merupakan konfirmasi pertama dari Twitter tentang besarnya PHK.

Dengan adanya pemilihan paruh waktu di AS yang tinggal beberapa hari lagi, Roth mengatakan bahwa upaya memerangi kesalahan informasi yang berbahaya tetap menjadi prioritas utama bagi mereka.

"Sekali lagi, untuk lebih jelasnya, komitmen kuat Twitter untuk moderasi konten tetap dan sama sekali tidak berubah," tweet Musk tak lama setelah tweet Roth sendiri.

Sebelumnya pada Jumat lalu dilaporkan oleh Reuters, Musk mengatakan Twitter telah mengalami "penurunan besar dalam pendapatan," karena kelompok hak-hak sipil yang mengangkat kekhawatiran tentang bagaimana PHK akan mempengaruhi moderasi, dan menekan pengiklan top untuk menarik pengeluaran iklan mereka.

Merek-merek besar seperti General Mills, United Airlines, Renault dan General Motors serta perusahaan besar lainnya mengatakan mereka telah berhenti beriklan di Twitter.

Langkah ini juga mengakhiri kekacauan selama seminggu dan ketidakpastian tentang masa depan perusahaan di bawah pemilik baru Elon Musk.

Setelah PHK, kelompok hak-hak sipil tersebut mengatakan bahwa mereka terus meningkatkan tekanan dan menuntut merek menarik iklan Twitter mereka secara global.

"Sayangnya tidak ada pilihan ketika perusahaan merugi lebih dari 4 juta dolar AS/ hari," tweet Musk tentang PHK. Ia menambahkan bahwa semua orang yang terkena dampak PHK ditawari uang pesangon tiga bulan gaji.

Musk mendukung eksekutif keselamatan minggu lalu, mengutip "integritas tinggi" setelah Roth dipanggil karena tweet yang kritis terhadap mantan Presiden Donald Trump beberapa tahun sebelumnya. Musk telah berjanji untuk memulihkan kebebasan berbicara sambil mencegah Twitter turun ke "neraka."

Biden  Protes Twitter

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Jumat lalu bahwa Musk telah membeli platform media sosial di Twitter yang memuntahkan kebohongan di seluruh dunia.

"Dan sekarang apa yang kita semua khawatirkan: Elon Musk keluar dan membeli pakaian yang dikirim - yang memuntahkan kebohongan di seluruh dunia. Tidak ada editor lagi di Amerika. Tidak ada editor. Bagaimana kita berharap anak-anak bisa untuk memahami apa yang dipertaruhkan?" ungkap Biden seperti dikutip Reuters.

Pengiklan besar sebelumnya juga telah menyatakan kekhawatiran tentang pengambilalihan Musk selama berbulan-bulan dan dampaknya bagi kebebasan berbicara dan misinformasi di Twitter.

Sementara Musk membuat cuitan bahwa timnya tidak akan membuat perubahan pada moderasi konten dan melakukan "semua yang kami bisa" untuk menenangkan kelompok yang menentang akuisisinya. Berbicara pada konferensi investor di New York pada Jumat lalu, Musk menyebut tekanan aktivis sebagai serangan terhadap Amandemen Pertama, yakni kebebasan berbicara.

Eksekutif senior termasuk wakil presiden teknik Arnaud Weber mengucapkan selamat tinggal di Twitter pada Jumat lalu. "Twitter masih memiliki banyak potensi yang belum dibuka tetapi saya bangga dengan apa yang kami capai," cuit Weber di akunnya.

Karyawan Twitter Blue, layanan berlangganan premium yang didukung Musk, juga dilepas. Seorang karyawan dengan nama panggilan "SillyRobin" yang mengindikasikan bahwa mereka diberhentikan, mengutip-tweet tweet Musk sebelumnya yang mengatakan bahwa Twitter Blue akan menyertakan "paywall bypass" untuk penerbit tertentu.

"Untuk memperjelas, dia memecat tim yang mengerjakan ini," kata karyawan itu.

Kantor Twitter Ditutup

Twitter mengatakan dalam emailnya kepada staf bahwa kantor akan ditutup sementara dan akses lencana (centang biru) ditangguhkan "untuk membantu memastikan keamanan setiap karyawan serta sistem Twitter dan data pelanggan."

Kantor di London dan Dublin tampak sepi pada Jumat lalu, tanpa ada karyawan yang terlihat. Di kantor London, semua bukti bahwa Twitter pernah menduduki gedung itu dihapus.

Seorang resepsionis di kantor pusat Twitter San Francisco juga mengatakan beberapa orang telah masuk dan bekerja di lantai atas meskipun ada pemberitahuan untuk menjauh.

Sebuah class action diajukan pada Kamis 4 November terhadap Twitter oleh beberapa karyawan, yang berpendapat bahwa perusahaan melakukan PHK massal tanpa memberikan pemberitahuan 60 hari sebelumnya yang diperlukan, hal ini dianggap melanggar undang-undang federal dan California.

Gugatan itu meminta pengadilan federal San Francisco untuk mengeluarkan perintah untuk membatasi Twitter dari meminta karyawan yang diberhentikan untuk menandatangani dokumen tanpa memberi tahu mereka tentang ketergantungan kasus tersebut.