Dua Wanita Gugat Twitter karena Diskriminasi dalam Melakukan PHK
Shannon Liss-Riordan (kiri), pengacara penggugat, (foto: twitter @BTU66)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter Inc mendapatkan gugatan yang berasal dari residu PHK terhadap separuh tenaga kerjanya. Kali ini gugatan tersebut menuduh perusahaan media sosial secara tidak proporsional menargetkan karyawan wanita untuk PHK.

Gugatan class action yang diajukan Rabu malam 7 Desember di pengadilan federal San Francisco mengatakan bahwa setelah Twitter diambil alih oleh Elon Musk, orang terkaya di dunia, Twitter memberhentikan 57% pekerja wanitanya dibandingkan dengan hanya 47% pria.

Twitter memberhentikan sekitar 3.700 karyawan pada awal November sebagai langkah pemotongan biaya oleh Musk, dan ratusan lainnya kemudian mengundurkan diri.

Kesenjangan gender lebih mencolok untuk peran dan pekerjaan teknik, di mana 63% wanita kehilangan pekerjaan dibandingkan dengan 48% pria, menurut gugatan baru tersebut.

Gugatan yang diajukan oleh dua wanita yang diberhentikan oleh Twitter bulan lalu menuduh perusahaan tersebut melanggar undang-undang federal dan California, yang melarang diskriminasi jenis kelamin di tempat kerja.

Twitter sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media.

Shannon Liss-Riordan, pengacara penggugat, mengatakan wanita "memiliki target di punggung mereka" begitu Musk mengakuisisi perusahaan, terlepas dari bakat dan kontribusi mereka.

Liss-Riordan mewakili karyawan dan mantan karyawan Twitter dalam tiga tuntutan hukum lain yang tertunda yang diajukan di pengadilan yang sama sejak bulan lalu.

Kasus-kasus tersebut mencakup berbagai klaim, termasuk bahwa Twitter memberhentikan karyawan dan kontraktor tanpa pemberitahuan terlebih dahulu seperti yang diwajibkan oleh undang-undang dan gagal membayar pesangon yang dijanjikan. Selain itu ada gugatan lain bahwa Musk memaksa keluar pekerja penyandang disabilitas dengan menolak mengizinkan pekerjaan jarak jauh dan meminta karyawan untuk bekerja lebih " keras."

Menurut laporan Reuters, setidaknya tiga pekerja secara terpisah telah mengajukan keluhan terhadap Twitter ke Dewan Hubungan Perburuhan Nasional AS mengklaim bahwa mereka menghadapi pembalasan karena mendukung kondisi kerja yang lebih baik.

Twitter membantah melakukan kesalahan dalam gugatan yang melibatkan pemberitahuan sebelumnya, dan belum menanggapi keluhan lainnya.