Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Akun yang Diretas
Instagram luncurkan fitur keamanan baru (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2022, Meta bagikan sejumlah pembaruan terkait sistem keamanan di Instagram terkait ancaman online seperti peretasan atau juga spyware

"Keamanan adalah ruang yang sangat bermusuhan di mana kami terus memikirkan tentang bagaimana produk kami, kebijakan kami, dan penegakan kami dapat disalahgunakan," kata Guy Rosen, Kepala Petugas Keamanan Informasi dan Nathaniel Gleicher, Kepala Kebijakan Keamanan dalam pengumumannya. 

Saat ini, Instagram memiliki berbagai fitur untuk melindungi pengguna dari berbagai jenis peretasan seperti seperti memastikan Anda memiliki kata sandi yang kuat dan mengaktifkan autentikasi dua faktor dan Pemeriksaan Keamanan Instagram. 

Lebih dari itu, Meta akhirnya meluncurkan beberapa fitur baru yang dirancang untuk membantu menjaga keamanan akun, dan menawarkan lebih banyak dukungan jika mereka kehilangan akses akun.

Meta membuat website baru Instagram.com/hacked untuk mengatasi akun yang mengalami maslah peretasan. Anda tinggal membuka tautan tersebut di browser.

Setelahnya, Anda akan dapat memilih apakah Anda merasa telah diretas, lupa kata sandi, kehilangan akses ke autentikasi dua faktor, atau jika akun Anda telah dinonaktifkan. Dari sana, Anda dapat mengikuti serangkaian langkah untuk membantu mendapatkan kembali akses ke akun Anda.

Awal tahun ini, Instagram menguji coba fitur Request Help From Friends, yang berfungi untuk meminta teman Amda mengonfirmasi identitas Anda untuk membantu mendapatkan akun Anda kembali. Sekarang fitur ini sudah diluncurkan secara global. 

Untuk mencegah peretasan, Instagram meluncurkan dukungan baru seperti menghapus akun yang menurut sistem otomatis berbahaya, termasuk akun yang menyamar sebagai orang lain, yang bertentangan dengan Pedoman Komunitas kami.

Kedua, Meta sekarang sedang menguji pengiriman peringatan jika akun yang dicurigai meniru identitas seseorang meminta untuk mengikuti Anda. 

"Dalam beberapa bulan mendatang, kami juga akan mengirimkan peringatan jika akun yang mungkin menyamar sebagai bisnis mengirimkan Direct Message (DM) kepada Anda," tambahnya. 

Terakhir, Instagram kini menampilkan lencana terverifikasi biru untuk akun terverifikasi di lebih banyak tempat di seluruh Instagram. Selain di Profil, lencana biru terverifikasi di Stories dan DM, dan akan segera hadir, Beranda.