Instagram Luncurkan Fitur Pemeriksa Keamanan Buat Pengguna yang Akunnya Diretas
Fitur keamanan baru Instagram (Blog Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Semakin hari, semakin banyak kasus peretasan akun Instagram. Sekarang, kejahatan digital ini tak hanya dialami oleh masyarakat umum saja. Bukankah Anda juga pernah membaca berita di mana akun IG milik influencer atau selebritis yang diretas? 

Ya, kejahatan digital itu nyata dan ada. Dan kejahatan ini senantiasa mengintai pengguna, terutama ketika Anda lalai membagikan kata kunci pada platform lain. 

Beruntungnya, kekhawatiran Anda kini bakal semakin berkurang. Seperti menjawab keresahan penggunanya, Instagram memperkenalkan fitur pemeriksa keamanan, kemarin, Selasa, 13 Juli. Fitur ini ditujukan bagi akun yang sebelumnya sudah pernah mendapatkan serangan atau bahkan diretas.

Nantinya, bagi Anda yang sudah memperbaru aplikasi, bakal melihat layar pemberitahuan baru berisi permintaan untuk memulai pemeriksaan keamanan. Permintaan ini akan muncul ketika Anda pertama kali membuka aplikasi usai diperbarui. 

Selanjutnya, melalui fitur ini, pengguna akan dipandu melalui langkah-langkah keamanan yang sudah disiapkan perusahaan. Termasuk, mengonfirmasi akun lain yang membagikan informasi login serta memperbarui informasi kontak pemulihan.

Fitur otentifikasi dua faktor Instagram (Blog Instagram)

Tak hanya itu. platform media sosial raksasa ini juga berencana menambahkan dukungan otentifikasi dua faktor melalui WhatsApp. Menjadi fitur tambahan dari fitur otentifikasi yang sudah ada sebelumnya. 

Mengutip keterangan pada blog resmi, penambahan fitur keamanan ini dilakukan sebagai respon atas meningkatkan jumlah akun yang mengklaim sebagai Instagram. Akun-akun tersebut mengirimkan pesan pada pengguna lain melalui DM (Direct Message) serta meminta pengguna untuk membagikan kata sandi.

Padahal, menurut Instagram, perusahaan hanya mengirimkan pemberitahuan resmi lewat email. Selain itu, pengguna juga bisa memeriksa langsung keaslian dari email yang diterima lewat menu ‘Email dari Instagram’ yang terletak di pengaturan.

Laporkan Akun yang Mencurigakan

Tak hanya teknologi saja yang berkembang. Teknik serta metode peretasan juga senantiasa dikembangkan oleh para pelaku kejahatan digital. 

Oleh karena itu, Instagram pun turut mengembangkan fitur-fitur keamanannya. Kini, pengguna pun sudah bisa melaporkan langsung konten atau akun yang mencurigakan. Terutama akun yang berpotensi sebagai peretas. 

Caranya pun cukup mudah. Untuk unggahan yang mencurigakan, pengguna hanya perlu mengetuk ikon titik tiga yang terletak di bagian atas dari unggahan. Selain itu, Anda juga bisa melaporkan langsung lewat profil akun yang mencurigakan.