Bagikan:

JAKARTA – Saat acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) digelar, Apple banyak membicarakan fitur baru di iOS dan iPadOS 18. Tak hanya itu, mereka juga membicarakan fitur baru di watchOS.

Pada musim gugur tahun ini, sekitar September hingga Desember, Apple akan meluncurkan watchOS 11 ke Apple Watch yang kompatibel. Ada banyak fitur baru yang akan mereka luncurkan. Berikut ini beberapa fiturnya, dikutip dari Makeuseof.

Aplikasi Vital Pemeriksa Kesehatan

Seperti yang kita tahu, Apple Watch bisa digunakan untuk mengumpulkan data kesehatan selama penggunanya tertidur, mulai dari detak jantung, laju pernapasan, durasi tidur, oksigen darah, dan lainnya melalui aplikasi Vitals.

Aplikasi ini akan diperbarui saat peluncuran watchOS 11. Nantinya, aplikasi Vitals akan memberikan metrik yang lebih jelas. Pengguna akan diberi tahu jika ada metrik yang tidak biasa dengan kemungkinan penyebabnya.

Smart Stack Dibuat Lebih Cerdas

Apple telah meluncurkan Smart Stack pada akhir tahun lalu. Smart Stack merupakan fitur yang berisi beberapa widget yang dapat menampilkan informasi secara real-time. Namun, pengguna harus memilih widget-nya secara manual.

Dengan pembaruan di watchOS 11, Smart Stack dapat memunculkan widget secara otomatis di waktu tertentu. Misalnya, jika lokasi Anda akan mengalami cuaca buruk seperti badai petir, widget peringatan cuaca buruk akan muncul dan memberi tahu Anda.

Selain dibuat lebih canggih, Apple menambahkan lebih banyak widget ke dalam fitur tersebut. Kini, pengguna bisa mengakses widget untuk beban latihan, Foto, jarak, dan Shazam. Untuk tiga widget terakhir, pengguna bisa langsung diarahkan ke dalam aplikasi.

Fitur Keamanan Check-In

Salah satu fitur keamanan di iOS 17, yaitu fitur Check-in, akan tersedia di Apple Watch setelah peluncuran watchOS 11. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengabari teman atau keluarga bahwa mereka sudah tiba di tempat tujuan dengan aman.

Saat menggunakan Check-in, pengguna akan diminta memasukkan tujuan dan estimasi waktu kedatangan. Fitur ini akan memberikan kabar secara otomatis setelah penggunanya tiba. Fitur Check-in sangat berguna bagi pengguna yang sering pulang malam tanpa ditemani.