Bagikan:

JAKARTA - YouTube mengumumkan telah meluncurkan asisten dukungan baru yang akan dapat membantu pengguna yang akunnya telah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Dengan alat baru ini, asisten dukungan baru YouTube akan memandu para kreator yang terdampak melalui pengamanan ulang login mereka dan membantu mereka memulihkan akun, sebagai langkah pertama setelah akun diretas. 

“Kreator yang memenuhi syarat akan melihat opsi untuk memecahkan masalah saluran yang diretas di Pusat Bantuan YouTube,” tulis YouTube dalam pengumuman terbarunya yang diposting di halaman dukungan Google untuk YouTube. 

Alat ini nantinya akan memandu Anda melalui serangkaian pertanyaan tentang Anda dan saluran Anda untuk mengamankan login Google terlebih dahulu dan membatalkan tindakan yang mungkin telah dilakukan peretas pada saluran Anda.

Sejauh ini, fitur tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan untuk sekelompok "kreator tertentu", tetapi Google mengatakan sedang berupaya agar fitur tersebut dapat diakses oleh semua kreator YouTube.

“Untuk saat ini, alat baru ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris (saat mengakses Pusat Bantuan dalam bahasa Inggris) dan fitur pemecahan masalah tertentu dalam alat ini hanya tersedia untuk kreator tertentu. Namun, kami sedang berupaya agar alat ini tersedia untuk SEMUA kreator di masa mendatang,” tutupnya.