Bagikan:

JAKARTA - YouTube mengumumkan telah memperluas kemitraannya dengan platform e-commerce Shopify, untuk mengikutsertakan lebih banyak merek dalam program afiliasi YouTube Shopping. 

“Kami sangat gembira mengumumkan bahwa kami memperluas kemitraan kami dengan Shopify dan memungkinkan semua pedagang Shopify Plus dan Advanced yang memenuhi syarat di AS untuk mendaftar ke program afiliasi YouTube Shopping,” tulis YouTube dalam pengumumannya. 

Dengan perluasan ini, artinya para kreator YouTube akan mendapatkan akses ke ribuan merek baru yang bisa mereka ditandai dalam video belanja mereka. 

Lebih lanjut, sebagai bagian dari perluasan ini juga, semua pedagang Shopify Plus dan Advanced yang memenuhi syarat di Amerika Serikat (AS) kini dapat mendaftar untuk program afiliasi Belanja. 

Perluasan kemitraan ini dilakukan oleh YouTube sebagai upaya mereka dalam menggenjot layanan e-commerce  dalam beberapa tahun terakhir. Tampaknya, YouTube ingin mengalahkan TikTok. 

YouTube juga mengumumkan peluncuran ekstensi Chrome baru yang memungkinkan para kreator di AS yang menjadi bagian dari program afiliasi untuk menyimpan produk saat menjelajahi situs merek atau pengecer agar dapat segera menemukannya saat mereka siap menandainya dalam video.

“Anda bahkan dapat mengetahui berapa banyak yang akan Anda peroleh dari memberi tag pada produk di video YouTube Anda tanpa meninggalkan situs merek atau pengecer tersebut,” tutup perusahaan.