Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm Technologies, Inc. Selasa 20 Agustus secara resmi meluncurkan Snapdragon® 7s Gen 3 Mobile Platform, yang melanjutkan tradisi unggul dari seri 7 dengan menghadirkan teknologi chipset canggih kepada lebih banyak pengguna. Platform terbaru ini menawarkan kemampuan AI generatif di perangkat, yang memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur-fitur seperti ‘model bahasa besar’ (LLM) dan transformator pengolah teks pada fitur AI, termasuk Baichuan-7B dan Llama 2 dengan parameter 1B.

Tak hanya itu, Snapdragon 7s Gen 3 juga dilengkapi dengan pengalaman mobile gaming yang mengesankan berkat dukungan GPU Qualcomm® Adreno™ yang powerful, serta fitur-fitur kamera dan perekaman video kelas profesional seperti 12-bit triple ISP dan 4K sHDR.

Chris Patrick, Senior Vice President dan General Manager of Mobile Handsets di Qualcomm Technologies, Inc., menyatakan bahwa Snapdragon 7s Gen 3 akan membawa fitur-fitur unggulan dari seri 7 ke lebih banyak perangkat mid-tier dengan dukungan AI di perangkat. "Platform ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan pengalaman mobile terbaik di berbagai level kepada konsumen pada setiap kisaran harga," ujar Patrick.

Antusiasme atas peluncuran ini juga disambut baik oleh berbagai OEM terkemuka, termasuk realme.  “Bersama Snapdragon 7s Gen 3, kami sangat antusias untuk memberikan performa yang luar biasa kepada pengguna kami, seraya meningkatkan pengalaman AI dan gaming yang memukau. Kami senang bisa melanjutkan kolaborasi yang kuat ini dengan Qualcomm Technologies,” kata Chase Xu, Vice President and CMO dari realme.

Sharp, merek elektronik ternama asal Jepang, juga menunjukkan dukungannya terhadap Snapdragon 7s Gen 3.  "Kerja sama berkelanjutan yang terjalin dengan mitra kami, Qualcomm Technologies, memungkinkan kami untuk memasukkan teknologi mobile terdepan di dalam produk-produk kami. Integrasi Snapdragon 7s Gen 3 ke dalam produk-produk kami selanjutnya akan memberikan pengalaman mobile inovatif yang dinanti oleh para pengguna kami," kata Masaaki Nakae, General Manager Personal Communication Division di Sharp Corporation.

Xiaomi, salah satu merek gadget populer asal China, juga akan menjadi yang pertama mengadopsi Snapdragon 7s Gen 3 pada perangkat terbaru mereka yang diperkirakan akan diumumkan bulan depan. Thomas Wang, General Manager of Redmi di Xiaomi, menyatakan bahwa Snapdragon 7s Gen 3 menciptakan tolak ukur baru untuk performa di kelasnya. “Kami tak sabar melihat pelanggan kami turut merasakan kemampuannya yang luas, termasuk dukungan fitur AI canggih, pengalaman gaming terkini, dan kualitas fotografi yang menakjubkan,” ungkap Wang.

Snapdragon 7s Gen 3 diharapkan akan segera tersedia di pasar global, dengan perangkat pertama dari Xiaomi yang direncanakan meluncur bulan depan.