Bagikan:

 

JAKARTA – Qualcomm Technologies meluncurkan prosesor terbaru untuk perangkat Android. Prosesor yang mereka luncurkan pada Senin, 18 Maret adalah Snapdragon 8s Gen 3 dengan fitur yang diklaim tingkat premium.

Prosesor terbaru ini akan mendukung fitur Kecerdasan Buatan (AI) generatif, Internet Service Provider (ISP), game seluler yang ringan, hingga audio lossless. Snapdragon 8s Gen 3 juga akan mendukung model AI seperti Gemini Nano dan Llama 2.

Wakil Presiden Senior Qualcomm, Chris Patrick, mengatakan bahwa Snapdragon 8s Gen 3 menawarkan kemampuan paling premium. Perangkat dengan prosesor ini akan memiliki kamera yang bagus dan aplikasi yang mumpuni. 

"Dengan kemampuan termasuk AI generatif pada perangkat dan fitur fotografi tingkat lanjut, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna, mendorong kreativitas dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari," kata Patrick.

Qualcomm menjelaskan bahwa prosesor ini mampu menghubungkan semua perangkat yang kompatibel dengan cepat. Mesin Snapdragon 8s Gen 3 akan memiliki Hexagon NPU dan Sensing Hub yang membuat daya selalu aktif, tetapi daya yang dihasilkan sangat rendah. 

Fitur ISP di Snapdragon 8s Gen 3 akan mendukung penguncian wajah yang cepat, pembayaran seluler yang aman, Low Light Vision (LLV) yang membuat konten lebih tajam dan bebas butiran, dan kodek AV1 untuk pemutaran video. 

Selain itu, fitur Elite Gaming di prosesor baru ini akan meningkatkan pencahayaan, bayangan, dan pantulan dari grafis game, membuat bayangan lembut dan halus, hingga menggandakan frame rate game dari 60 Fps menjadi 120 FPS. 

Belum diketahui perangkat apa saja yang akan mengadopsi prosesor baru ini. Namun, Snapdragon 8s Gen 3 akan diadopsi oleh perusahaan seperti Honor, iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi. Perangkat pertama yang mengadopsi prosesor ini akan diumumkan dalam waktu dekat.