Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 7 Gen 3, Intip Spesifikasinya!
Qualcomm perkenalkan Snapdragon 7 Gen 3/DOK Qualcomm

Bagikan:

JAKARTA – Menyusul kabar peluncuran Snapdragon 8 Gen 3, Qualcomm memperkenalkan seri lain dari chipset-nya, yaitu Snapdragon 7 Gen 3 dengan fitur yang lebih kaya dari jajarannya.

Dari klaim Qualcomm, kinerja Snapdragon 7 Gen 3 meningkat hingga 15 persen dibandingkan dengan Snapdragon 7 Gen 1. GPU di Gen 3 juga meningkat lebih dari 50 persen, sementara dayanya jadi lebih hemat hingga 20 persen.

Seluruh kemampuan ini didukung dengan 4 nanometer yang memiliki satu inti Prime sebesar 2,63 GHz, tiga inti Performa sebesar 2,4 GHz, dan empat inti Efisiensi sebesar 1,8 GHz.

Snapdragon 7 generasi terbaru ini hadir dengan audio spasial melalui pelacakan kepala dan fitur multi-perangkat Snapdragon Seamless yang baru diperkenalkan pada akhir Oktober lalu.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 3 ini mendukung pengambilan gambar Google Ultra HDR di Android 14 dan bisa mengambil gambar dari tiga kamera di waktu yang sama. Chipset baru ini juga memiliki beberapa fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI).

Fitur AI pertama yang dibawa adalah AI Remosaic untuk menghilangkan perubahan warna berbintik dengan resolusi tinggi sehingga warna pada gambar menjadi lebih cerah. Selain itu, Snapdragon 7 Gen 3 juga hadir dengan kemampuan AI Engine.

Performa AI yang satu ini hadir dengan watt 60 persen lebih baik. AI Engine yang dibawa Snapdragon 7 Gen 3 didukung dengan INT4, format presisi AI revolusioner, versi terbaru khusus untuk seri 7.

Satu hal yang tidak bisa ditinggalkan dari chipset adalah kemampuan pengunduhannya. Generasi ketiga dari seri 7 ini menggunakan Sistem Modem-RD Snapdragon X63 5G yang mampu mengunduh hingga 5Gbps.

Chip ini mendukung Dual-SIM Dual-Active (DSDA) dengan konektivitas 5G, termasuk konfigurasi 5G+4G. Snapdragon 7 Gen 3 juga mendukung lokasi tiga frekuensi agar akurasinya lebih tinggi.

Qualcomm akan memberikan Snapdragon 7 Gen 3 ke Honor, ponsel asal China, dan Vivo. Kedua perangkat dengan chip baru dari Qualcomm ini akan diumumkan bulan depan.