Membandingkan Snapdragon 8 Gen 3 vs Apple A17 Pro, Mana yang Lebih Kencang?
Ilustrasi Snapdragon 8 Gen 3 vs Apple A17 Pro (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Snapdragon 8 Gen 3 akhirnya diluncurkan sebagai chipset premium terbaru dari Qualcomm. Chipset kelas atas ini menghadirkan performa yang unggul dan disebut mampu mengalahkan chipset terbaik dari Apple saat ini. Lantas mana yang lebih kencang antara Snapdragon 8 Gen 3 vs Apple A17 Pro?

Chipset Snapdragon 8 Gen 3 disebut menjadi pesaing berat dari Apple A17 Pro yang tertanam pada iPhone 15 Pro dan Pro Max. Seolah tak mau kalah dari ponsel terbaru Apple yang jadi incaran banyak orang, Snapdragon 8 Gen 3 dirancang sebagai chipset dengan AI berkinerja tinggi untuk memberikan performa gahar.

Kehadiran chipset teranyar dari Qualcomm ini  membuat banyak orang semakin bingung untuk memilih ponsel flagship. Banyak pecinta gadget yang membandingkan antara Snapdragon 8 Gen 3 dan Apple A17 Pro mana yang lebih baik?

Snapdragon 8 Gen 3 vs Apple A17 Pro Mana yang Lebih Kencang?

Snapdragon 8 Gen 3 dirancang dengan performa yang 30 persen lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Dibandingkan generasi pendahulunya tersebut, chipset ini juga memiliki efisiensi daya yang lebih unggul 20 persen. 

Keunggulan yang ditawarkan chipset ini yakni pada proses 4nm yang juga mendukung pemanfaatan teknologi AI, audio, gim, serta kamera yang lebih optimal pada ponsel. Chipset ini juga dilengkapi CPU Kryo terbaru yang memiliki 1 inti Prime berkecepatan mencapai 3,3 Ghz, 5 inti Performa berkecepatan 3,2 GHz, dan 2 inti Efisiensi berkecepatan 2,3 GHz. GPU yang diandalkan pada chipset ini yaitu Qualcomm Adreno dengan kinerja 25% lebih baik. 

“Snapdragon 8 Gen 3 menanamkan AI berkinerja tinggi di seluruh sistem untuk memberikan kinerja tingkat premium dan pengalaman luar biasa kepada konsumen. Platform ini membuka era baru AI generatif,” kata Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets Qualcomm, pada saat siaran pers. 

Snapdragon 8 Gen 3 Lebih Unggul pada Benchmark Multi-Core

Snapdragon 8 Gen 3 menempati posisi paling atas hasil benchmark multi-core Geekbench 6. Dalam penilaian ini, chipset dari Qualcomm tersebut lebih unggul dibandingkan iPhone 15 Pro Max dan iPhone 15 Plus. 

Apple A17 Pro Lebih Unggul pada Benchmark Single-Core

Hasil skor uj single-core menunjukkan bahwa iPhone 15 Pro Max dengan chipset Apple A17 Pro mendapat nilai yang lebih unggul. Ponsel iPhone 15 Plus yang didukung dengan chipset A16 Bionic pun berada di atas Snapdragon 8 Gen 3. Namun dibandingkan ponsel Android lainnya, chipset terbaru dari Qualcomm tersebut masih lebih baik. 

Snapdragon 8 Gen 3 Lebih Unggul dalam Uji Antutut

Melansir dari Fonearena, Snapdragon 8 Gen 3 memperoleh nilai 2.134.955 dalam uji Antutu. Chipset ini menempati posisi jauh di atas Snapdragon 8 Gen 2 pada ponsel OnePlus Ace 2 dengan skor 1.662.765. 

Demikianlah ulasan mengenai perbandingan Snapdragon 8 Gen 3 dan Apple A17 Pro. Dalam perbandingan performa, kedua chipset tersebut sama-sama unggul dengan spesifikasinya masing-masing. Snapdragon 8 Gen 3 lebih unggul pada uji multi-core. Sementara Apple A17 Pro lebih baik dalam uji single-core. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.