Spesifikasi Chipset Gahar Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 untuk Ponsel Harga Miring
Qualcomm menghadirkan chipset anyar untuk ponsel cerdas dengan harga miring Snapdragon 4 Gen 2. (foto: dok. Qualcomm).

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm menghadirkan chipset anyar untuk ponsel cerdas dengan harga miring Snapdragon 4 Gen 2, dengan menjanjikan kecepatan CPU yang cepat, konektivitas 5G, dan fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) lainnya.

System on Chip (SoC) baru ini dibekali CPU Kryo yang dapat mencapai kecepatan puncak hingga 2,2 GHz untuk kinerja perangkat yang lebih cepat dan mulus.

Selain itu, dukungan layar 120 FPS FHD+ membuat visual bebas gagap untuk gim penuh aksi dan pengguliran cepat.

Snapdragon 4 Gen 2 juga memasukkan teknologi Multi Camera Temporal Filtering (MCTF) untuk pertama kalinya dalam prosesor kelas bawah, yang bekerja pada pengurangan kebisingan drastis dalam perekaman video.

Serta ISP Qualcomm Spectra, yang mendukung pengambilan bersamaan dari beberapa kamera dengan fitur-fitur canggih, termasuk peningkatan fitur AI fotografi yang memberikan kinerja cahaya rendah lebih baik, fokus otomatis lebih cepat, stabilisasi gambar elektronik, dan pengurangan kebisingan yang signifikan untuk foto serta video.

Diproses dalam node 4nm, menjadikan Snapdragon 4 Gen 2 sebagai SoC kompetitif dalam hal memberikan kinerja dan efisiensi energi yang lebih baik pada saat yang bersamaan.

Cukup berani bagi Qualcomm menyajikan node 4nm pada SoC untuk ponsel kelas bawah, mengingat iPhone 14 sudah menggunakan 3nm. Artinya, ponsel Android dengan chipset ini bisa menjadi semodern ponsel-ponsel mahal masa kini.

Snapdragon 4 Gen 2 juga membawa modem Snapdragon X61 5G modern yang disematkan di dalam chipset, untuk kecepatan pengunduhan 5G yang cepat, mendukung lebih banyak jaringan, frekuensi, dan bandwidth secara global.

Untuk melengkapi efisiensi daya, Qualcomm menyediakan teknologi pengisian baterai Quick Charge 4+ yang dapat mengisi baterai hingga setengahnya dalam 15 menit.

Perangkat pertama yang ditenagai oleh chipset tersebut akan tersedia pada akhir tahun ini. Demikian dikutip dari berbagai sumber, Selasa, 27 Juni.