Keunggulan Snapdragon 8 Gen 2, Hadir pada Samsung Galaxy S23 Series
Ilustrasi chipset Snapdragon (foto: snapdragon)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Smartphone dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 saat ini sedang banyak digemari karena memiliki performa yang gahar. Salah satu contohnya, chipset ini dihadirkan pada Samsung Galaxy S23 yang baru saja diluncurkan di pasar Indonesia. Berbagai keunggulan Snapdragon 8 Gen 2 tentunya akan sangat memanjakan penggunanya. 

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 resmi diperkenalkan oleh Qualcomm Technologies pada bulan November 2022 lalu. Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets Qualcomm Technologies, menyampaikan bahwa chipset ini bakal menjadi standar baru. 

Chipset yang ditujukan untuk produk smartphone ini dirancang dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), sehingga akan menyajikan pengalaman yang maksimal bagi penggunanya. Chipset ini akan menjadi tren inovasi smartphone mulai tahun 2023. Lantas apa saja keunggulan chipset Snapdragon 8 Gen 2?

Keunggulan Chipset Snapdragon 8 Gen 2

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 merupakan generasi selanjutnya dari Snapdragon 8 Gen 1. Chipset ini hadir dengan sejumlah peningkatan yang akan membuat penggunanya menjadi lebih produktif. Berikut sejumlah keunggulan dari chipset ini. 

Qualcomm AI Engine Tercepat

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 ditenagai dengan Qualcomm AI Engine tercanggih dan tercepat. Engine ini mampu terintegrasi pada seluruh sistem. Selain itu, chipset ini juga dibekali dengan Qualcomm Hexagon Processor yang sudah ditingkatkan. 

Snapdragon 8 Gen 2 menjadi chipset Snapdragon pertama yang mendukung format presisi AI, yaiut INT4. Chipset ini mampu memberikan peningkatan kinerja sebesar 60% daripada chipset generasi sebelumnya. 

Performa GPU dan CPU lebih Gahar

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 adalah pada GPU dan CPU. Performa GPU dan CPU pada chipset ini ditingkatkan dibanding pendahulunya, sehingga chipset ini sangat mendukung untuk smartphone gaming. 

Chipset Snapdragon ini dipadukan dengan GPU Qualcomm Adreno yang ditingkatkan, sehingga menghadirkan kinerja 25% lebih cepat. CPU Qualcomm Kryo yang terpasang dalam chipset ini memungkinkan efisiensi daya hingga 40% lebih banyak. Dengan adanya CPU ini, baterai smartphone bisa bertahan lebih lama ketika digunakan untuk bermain game. 

Selain itu, dalam chipset ini juga terdapat Unreal Engine 5 Metahumans Framework dan teknologi Ray Tracing. Kedua teknologi tersebut mampu menyajikan cahaya, pantulan, dan iluminasi yang lebih real dalam game. 

Peningkatan Performa Kamera

Tak hanya dari segi aksesibilitas dan grafis, chipset ini juga menawarkan keunggulan dari segi hasil foto dan video. Chipset Snapdragon 8 Gen 2 memiliki performa kamera yang lebih ditingkatkan karena memakai teknologi Cognitive ISP pertama. 

Dengan teknologi tersebut, kamera mampu menghasilkan foto dan video yang lebih sempurna. Kamera dapat mengenali wajah, pakaian, rambut, langit. Selain itu, kameranya juga mampu mengoptimalkan berbagai fitur tersebut satu per satu sehingga gambarnyang ditangkap menjadi lebih detail dan berkualitas. 

Mendukung Jaringan 5G

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 juga telah memungkinkan jaringan 5G dapat terhubung dalam smartphone. Tentu saja performa ini sangat mendukung kebutuhan penggunaan smartphone di era digital saat ini. Pasalnya smartphone 5G kini sudah banyak dicari dan digemari mulai tahun 2020 lalu. 

Chipset ini mempunyai Snapdragon X70 5G Modem-RF System dengan Qualcomm 5G AI. Dengan terkoneksinya jaringan 5G, maka pengguna dapat melakukan berbagai kebutuhan lebih maksimal, mulai dari pengunduhan data, bermain game, hingga streaming film. 

Performa Audio yang Maksimal

Aspek audio atau sound juga menjadi perhatian dalam chipset Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini dibekali dengan audio teknologi Snapdragon Sound sehingga mampu menampilkan audio spasial dengan pelacakan kepala dinamis. 

Dengan adanya teknologi tersebut, pengguna dapat mendengar pergeseran suara saat kondisi bergerak saat memutar musik, menonton film, atau bermain game. Pengguna dapat merasakan pengalaman suara surround dan mendukung streaming musik lossless 48kHz, yang menjaga musik tetap jernih dan mulus 

Keamanan Snapdragon Secure

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 juga menyajikan keamanan yang ketat dengan Snapdragon Secure. Teknologi keamanan ini menyajikan fitur isolasi terbaru, kriptografi, manajemen kunci, pengesahan, dan lainnya. Semua fitur telah dirancang secara kompleks untuk menjaga privasi dan data pengguna. 

Demikianlah ulasan mengenai keunggulan Snapdragon 8 Gen 2. Berbagai kelebihan yang ditawarkan pada fitur ini tentunya akan sangat mendukung kebutuhan pengguna dalam beraktivitas menggunakan smartphone. Salah satu smartphone terbaru yang dilengkapi dengan fitur ini adalah Samsung Galaxy S23 Series.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.