Perbedaan Samsung Galaxy S23 dan S24 Series, dari Ukuran Layar hingga Kameranya
Ilustrasi Samsung Galaxy S24 (Instagram @infogadgetpro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perbedaan Samsung Galaxy S23 dan S24 Series harus diketahui sebagai bahan pertimbangan untuk Anda sebelum melakukan pembelian. Seperti diketahui, kedua tipe ponsel Samsung tersebut sama-sama unggul.

Samsung Galaxy S23 Series sendiri diperkenalkan pada tahun 2023 lalu. Samsung mengklaim membekali seri tersebut dengan berbagai keunggulan. Namun di Januari 2024, Samsung kembali memperkenalkan Galaxy S24. Keduanya memang sama-sama seri tertinggi, lalu apa saja perbedaannya?

Perbedaan Samsung Galaxy S23 dan S24 Series

Samsung Galaxy S24 dianggap sebagai penerus Samsung Galaxy S23. Meski demikian keduanya sama-sama berada di kelas flaship. Ada perbedaan yang dapat dirasakan antara kedua varianGalaxy tersebut yakni sebagai berikut.

  • Ukuran Layar

Ukuran layar Samsung Galaxy S24 6,2 inci (FHD+ Flat, 2.600 nit). Bahkan ukuran layar Galaxy S24 Plus lebih lebar yakni 6,7 inci (QHD+ Flat, 2.600 nits), sedangkan Galaxy S24 Ultra memiliki ukuran lebar 6,8 inci (QHD+ Flat, 2.600 nits).

Berbeda, ukuran Samsung Galaxy S23 versi reguler lebih kecil 0,1 inci yakni 6,1 inci, sedangkan varian Plus selebar 6,6 inci. Meski perbedaan hanya tipis, tentu berpengaruh pada visibilitas dan kenyamanan saat digenggam.

  • Material

Pebedaan Samsung Galaxy S23 Ultra dan Samsung Galaxy S24 memang tak jauh berbeda. Namun varian Galaxy S24 Ultra didesain lebih ramping dan ringan dibanding seri sebelumnya. Bahkan bahan yang dipakai kedua varian juga berbeda.

Bahan bodi Samsung Galaxy S23 Ultra menggunakan bahan alumunium, sedangkan material penerusnya menggunakan titanium. Tentu material tersebut menambah kesan elegan dan mewah.

  • Chipset

Perbedaan lain juga ada pada chipset antara Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S24 Ultra. Samsung Galaxy S23 Ultra yang jadi varian tertinggi dibekali dengan Snapdragon 8 Gen 2 yang dianggap cukup tangguh.

Akan tetapi Samsung Galaxy S24 Ultra juga patut dipertimbangkan karena dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang diklaim lebih kencang dan kekinian.

  • Layar

Jika kita bandingkan kedua varian dari tampilan layar, Galaxy S23 Ultra menggunakan layar curved alias lengkung. Sedangkan pada varian Samsung Galaxy S24 Ultra justru memakai layar flat alias datar.

Akan tetapi kecerahan layar pada Samsung Galaxy S24 Ultra diklaim lebih meningkat bahkan mampu mencapai 2600 nit. Sedangkan Samsung Galaxy S23 Ultra hanya mampu mencapai 1750 nit. Keduanya memang sama-sama akan memberikan pengalaman yang nyaman ketika pengguna membaca e-book lewat HP saat di luar ruangan. Namun Galaxy S24 Ultra disebut lebih unggul.

  • Pengaturan Kamera

Dari segi kamera, varian Samsung Galaxy S23 Ultra dan Samsung Galaxy S24 Ultra sama-sama punya empat sensor sehingga hasil gambar makin ciamik. Akan tetapi pengaturan kamera di masing-masing perangkat ternyata berbeda.

Perlu diketahui bahwa dua varian Galaxy ini memiliki kamera utama 200 MP (f/1.7) dengan focal length 24 mm dan ukuran sensornya yaitu 1/1.3 inci. Selain itu kamera didukung dengan multi-directional PDAF, laser AF, dan sbailisasi OIS.

Yang membedakan keduanya adalah pada Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki kamera periskop 10 MP (f/4.9) dengan focal length mencapai 230mm. Selain itu optical zoom varian ini mencapai 10x.

Bagi Anda yang tertarik dengan varian terbaru ini, ketahui cara pre order Samsung Galaxy S24.

Itulah informasi terkait perbedaan Samsung Galaxy S23 dan S24 Series. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.