Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm baru-baru ini meluncurkan chipset Snapdragon terbaru yang dirancang khusus untuk ponsel Android dengan harga terjangkau. Snapdragon 4s Gen 2 merupakan versi yang lebih sederhana dari Snapdragon 4 Gen 2 tahun lalu.

Chipset terbaru ini menawarkan konektivitas 5G dengan kecepatan hingga 1Gbps, serta peningkatan pada kinerja, daya tahan baterai, dan fitur kamera. Meskipun tidak secepat Snapdragon 4 Gen 2 yang memiliki kecepatan unduh hingga 2.5Gbps, Snapdragon 4s Gen 2 diharapkan dapat mempercepat adopsi teknologi 5G pada ponsel anggaran.

Menurut Qualcomm, chipset ini tujuh kali lebih cepat dibandingkan dengan ponsel LTE yang ada di pasar saat ini. Chris Patrick, wakil presiden senior dan manajer umum perangkat seluler di Qualcomm, menyatakan bahwa peluncuran Snapdragon 4s Gen 2 adalah langkah maju dalam menjadikan teknologi 5G lebih terjangkau bagi lebih banyak orang.

Dari segi kinerja, Snapdragon 4s Gen 2 dilengkapi dengan dua inti performa dengan kecepatan hingga 2GHz dan enam inti efisiensi dengan kecepatan 1.8GHz. Chipset ini juga mendukung pemotretan tunggal hingga 80MP serta stabilisasi gambar video dan pengurangan noise multi-frame.

Fitur lainnya termasuk daya tahan baterai sepanjang hari dan dukungan untuk pengisian cepat 40W dengan teknologi Quick Charge 4 Plus dari Qualcomm. Chipset ini juga mendukung tampilan Full HD+ dengan refresh rate 90Hz, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, dan peningkatan audio berbasis AI.

Qualcomm mengungkapkan bahwa berbagai OEM besar akan menggunakan Snapdragon 4s Gen 2 untuk ponsel Android anggaran mendatang, di manaXiaomi diharapkan menjadi yang pertama meluncurkan perangkat baru dengan chipset terbaru ini.