Qualcomm Luncurkan Chip Snapdragon G-series untuk Perangkat Gaming Genggam
Snapdragon G1 berfokus pada konektivitas bebas lag (foto: dok. Qualcomm)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm memperkenal jajaran chip baru, Snapdragon G-series yang berfokus untuk menangani kebutuhan gaming tertentu.

“Perangkat gim genggam khusus adalah cara terbaik untuk menikmati gim seluler. Namun, para gamer ingin dapat memainkan semua gim favorit mereka di seluruh perangkat dan ekosistem, baik itu konsol, PC, atau layanan cloud," kata direktur senior manajemen produk Qualcomm Technologies, Mithun Chandrasekhar, dikutip Kamis, 24 Agustus.

"Perangkat yang ditenagai Snapdragon G Series akan menjadi tempat terbaik bagi para gamer untuk memainkan gim favorit mereka, menawarkan mereka kemampuan untuk memilih antara cloud, konsol, Android, atau PC saat bepergian," imbuhnya.

Salah satu chip tersebut, Snapdragon G1 Gen 1 dirancang untuk memberi daya pada perangkat gim genggam tanpa kipas untuk streaming gim, baik lokal atau melalui cloud.

Snapdragon G1 berfokus pada konektivitas bebas lag dan masa pakai baterai, sehingga pemain dapat melakukan streaming gim konsol dan PC favorit mereka untuk jangka waktu yang lebih lama.

Anggota pertama dari keluarga Snapdragon G1 adalah Platform Snapdragon G1 Gen 1, yang memiliki CPU Qualcomm Kryo (8 Core) yang dipasangkan dengan GPU Qualcomm Adreno A11 untuk memungkinkan perangkat streaming gim genggam berkualitas tinggi.

Jajaran berikutnya, Snapdragon G2 yang dibuat untuk membuka gim seluler dan cloud berfitur lengkap, dengan prosesor optimal serta 5G dan Wi-Fi 6/6E mutakhir dari Sistem Konektivitas Seluler Qualcomm FastConnect 6700.

Produk pertama di tingkat ini adalah Platform Snapdragon G2 Gen 1, menghadirkan judul gim seluler dan cloud premium secara virtual di mana saja, tanpa kompromi.

Dilengkapi dengan CPU Kryo (8 Core) terbaru, GPU Adreno A21 yang dioptimalkan untuk gaming, dan Sistem Modem-RF Snapdragon X62 5G, platform itu memungkinkan para gamer untuk menjelajahi segala sesuatu yang ditawarkan oleh mobile dan cloud gaming.

Terakhir, Snapdragon G3 yang merupakan unggulan Qualcomm, dibuat khusus untuk fitur dan kinerja para antusias dengan memanfaatkan kemampuan gaming inovatif perusahaan.

Terus memanfaatkan masukan luar biasa dari Razer Edge 5G yang ditenagai oleh Snapdragon G3x Gen 1, perangkat yang dibangun pada Snapdragon G3 memungkinkan pengalaman bermain gim terbaik di kelasnya. Platform Snapdragon G3x Gen 2 merupakan produk terbaru di kelas antusias Seri G3.

Platform Snapdragon G3x Gen 2 memiliki CPU Kryo (8 Core) dan GPU Adreno A32 yang menawarkan performa CPU lebih dari 30 perse. lebih cepat dan performa GPU 2x lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Platform terbaru ini menghadirkan peningkatan kinerja multi-generasi yang dipadukan dengan fitur-fitur gaming kelas atas, termasuk ray tracing yang dipercepat perangkat keras, resolusi super gim, tethering kaca XR, audio Bluetooth latensi rendah dengan Rangkaian Teknologi Snapdragon Sound, jaringan nirkabel paling responsif, kecepatan melalui Wi-Fi 7 High-Band Simultaneous (HBS) serta 5G sub-6 dan mmWave.