Snapdragon 865 Plus, <i>Chipset</i> Gaming <i>Ngebut</i> di  ROG Phone 3 dan Lenovo Legion
Ilustrasi chipset gaming Snapdragon 865 Plus (dok. Qualcomm Snapdragon)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar smartphone gaming sedang naik daun. Melihat potensi pasar Qualcom pun merilis System-on-Chip (SoC) baru yang berfokus kemampuan gaming, yakni Snapdragon 865 Plus 5G. 

Senior Vice Prisident sekaligus General Manager Qualcomm Technologies Alex Katouzian, mengatakan Snapdragon 865 Plus dirancang untuk memberi performa yang ditingkatkan pada seluruh aspek untuk mendukung main game lebih kencang. Chipset ini juga mendukung koneksi 5G dan AI yang lebih cerdas.

"Seiring upaya kami menyebarluaskan 5G, kami terus berinvestasi pada seri premium, mobile platform seri-8, untuk mendorong aspek performa dan efisiensi serta membawa kamera, AI, dan pengalaman game generasi selanjutnya," ungkapnya seperti dikutip dari keterangan resmi Qualcomm, Kamis, 9 Juli.

Dari segi spesifikasi, Snapdragon 865 Plus menggunakan konstruksi CPU Qualcomm KryoTM 585 Prime dengan clock speed inti hingga 3.1 GHz. Chipset ini didukung  Snapdragon Elite Gaming lewat GPU Adreno 650 sehingga memberikan kemampuan render grafis 10 persen lebih cepat dibanding versi reguler.

Terdapat pula konektivitas nirkabel FastConnect 6900 suite dalam teknologi Snapdragon 865 Plus. Artinya pengguna akan memiliki dukungan terhadap WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Asus ROG Phone 3 dan Lenovo Legion

Diketahui, nantinya prosesor canggih Qualcomm Snapdragon 865 Plus akan disematkan pada dua smartphone gaming kelas atas tahun ini, yakni Asus ROG Phone 3 dan Lenovo Legion. Rencananya kedua sub-brand gaming PC dan Laptop itu akan merilis ponsel gamingnya pada kuartal ketiga 2020.

"ASUS bersemangat sekali lagi menawarkan kepada pengguna pengalaman bermain gim terbaik dengan ROG Phone 3 generasi berikutnya, yang akan ditenagai oleh Platform Ponsel Snapdragon 865 Plus baru," ujar Manajer Unit Bisnis ASUS, Bryan Chang dalam keterangan resminya, Kamis 9 Juli.

Sementara bagi Lenovo, ini akan menjadi kali pertama bagi sub-brandnya merilis jajaran smartphone gaming. Bila tak ada halangan, ponsel gaming Lenovo Legion akan diluncurkan pada 22 Juli mendatang.

"Tiga tahun setelah peluncuran Lenovo Legion, portofolio PC, kami membawa nilai-nilai inti sub-merek gim kesayangan kami kecepatan dan kinerja hebat ke game mobile 5G, di mana Lenovo Legion akan menjadi yang pertama menawarkan Snapdragon 865 baru. Ditambah lagi dengan keluarga kami yang berkembang dalam perangkat gim tahun ini," kata wakil presiden Mobile Gaming Group Lenovo Emerging Markets, Jerry Tsao.