Duel <i>Smartphone</i> Gaming, Lenovo Legion Phone dan Asus ROG Phone 3
Ilustrasi smartphone gaming Lenovo dan Asus ROG (Ilham Amin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lenovo dan Asus ROG secara bersamaan merilis smartphone gaming mereka. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi gaming kelas atas yang akan memberikan pengalaman menarik bagi penggunanya. 

Pertama ada Asus ROG Phone 3, berada di bawah naungan sub-brand Republik of Gamer (ROG) ponsel ini merupakan penerus dari seri smartphone gaming Asus. Ponsel ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G terbaru, yang handal untuk melahap game-game kelas berat. 

ROG Phone 3 memiliki layar FullHD + AMOLED dengan refresh rate 144Hz dan berukuran 6,59 inci yang sudah dibekali fingerprint on display. Sebagai penerus seri ROG Phone, ponsel ini sudah menjalan sistem operasi (OS) Android 10 dengan antarmuka ROG UI. 

Sementara Lenovo Legion juga dikonfirmasi menggunakan chipset yang sama dengan ROG Phone 3, yakni Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G. System-on-Chip (SoC) Lenovo Legion dipadankan dengan RAM LPDDR5 hingga 16GB dan penyimpanan UFS 3.1 hingga 512GB.

Tampilan Smartphone Gaming Lenovo (dok. Lenovo)

Sesuai dengan rumornya, Lenovo Legion akan memiliki layar resolusi FHD+, dengan refresh rate 144Hz dan tingkat pengambilan sampel sentuh mencapai 240Hz. Selain itu, Lenovo Legion juga menggunakan desain antarmuka baru berbasis Android 10. 

Kendati kedua ponsel ini dirilis dalam waktu yang hampir bersamaan. Masing-masing ponsel ini memiliki keunggulan yang berbeda dan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumennya. 

Berikut uraikan sejumlah fitur menarik yang dimiliki Lenovo Legion dan Asus ROG Phone 3:

1. Chipset yang Support untuk Para Gamer

Baik Lenovo Legion maupun Asus ROG Phone 3 dibekali chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 865 Plus 5G. Chipset ini menawarkan kinerja terbaik untuk prosesor smartphone, dan juga telah didukung konektivitas 5G.

Keduanya ponsel ini juga disematkan fitur khusus yang mampu meningkatkan performa smartphone kala bermain game. Bila di ROG Phone 3 ada X-Mode untuk mengoptimalkan kinerjanya setiap aplikasi dan game. Lenovo mengusung Duel, fitur antarmuka yang mengubah tampilan ponsel menjadi mode landscape untuk memudahkan bermain game.

2. Pengelolaan Baterai 

Sebagai ponsel gaming, kapasitas baterai besar menjadi syarat wajib yang tak boleh terlewatkan. Untuk ROG Phone 3 masih mempertahankan kapasitas baterai 6.000mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat hingga 30W.

Asus juga membenamkan teknologi pendingin baru, yakni Aero Active Cooler 3 dengan vapor chamber dan heatsink lebih besar untuk membuang suhu panas ketika ponsel digunakan dalam waktu lama. 

Konfigurasi baterai Lenovo Legion Phone (dok. Lenovo)

Sementara Lenovo Legion justru mengusung dua baterai berkapasitas masing-masing 2.500mAh dan bila ditotal mencapai 5.000mAh. Meski terpaut 1.000mAh dari kompetitornya, Lenovo Legion Duel mendukung pengisian daya turbo hingga 90W yang artinya ponsel ini bisa mengisi daya dari 0 ke 50 persen hanya dalam waktu 10 menit. 

Tujuannya untuk meredam efek panas. Hal ini juga diklaim Lenovo didukung dual liquid cooling dan pipa tembaga untuk pembuangan suhu panas. Posisi port USB-C untuk charging terletatk di bagian bawah dan samping.

3. Kamera

Baik ROG Phone 3 dan Lenovo Legion Phone tak melupakan esensi penting dari sebuah smartphone. Kali ini Asus ROG Phone membawa tiga kamera belakang dengan konfigurasi, Lensa kamera utama dengan sensor Sony IMX686 64MP, lensa kedua 13MP ultra-wide angle, dan lensa ketiga adalah lensa macro. Untuk kamera selfienya beresolusi 24MP.

Peluncuran Asus ROG Phone 3 (tangkapan layar Asus)

Sedangkan Lenovo mengusung modul kamera ganda di bagian belakang ponselnya, dengan lensa utama 64MP yang dipadankan dengan sensor lensa sekunder 16MP. Menariknya untuk kamera depannya, Lenovo mengusung teknologi pop-up dalam mode horizontal atau landskape. 

Jadi pengguna bisa bermain sambil merekam video atau melakukan live streaming di Twitch atau YouTube. Kamera depan pop-up Lenovo Legion Phone Duel punya kemampuan 20MP yang bisa merekam video 1080p HD atau 4K 30fps.

4. Fitur dan Aksesoris

Lenovo Legion Phone Duel juga menyediakan tombol sentuh alias trigger button seperti L1/R1 di stik controller PlayStation. Kemudian ditambahkan tombol yang disebut pressure sensitive. 

Sayangnya Lenovo di situs resminya tidak menjelaskan detil fitur dan penggunaanya seperti Asus ROG Phone 3 dengan AirTrigger 3. Fitur pendukung bermain game lainnya adalah sensor gyroscope.

Sedangkan ROG Phone 3 hadir dengan beragam aksesoris gaming, misalnya ROG Kunai 3 Gamepad, ROG Clip, ROG TwinView 3 Dock.

Aksesori lain yang juga mendukung Asus ROG Phone 3 maupun produk Asus ROG lainnya yaitu headphone ROG Cetra RGB, wireless gaming keyboard portabel ROG Falchion, dan layar gaming portabel ROG Strix XG16.

Baik Lenovo Legion Phone dan ROG Phone 3, memiliki segudang fitur menarik lainnya seperti Bluetooth v5 .0, GPS / A-GPS, NFC, dan port USB Tipe-C. 

Fitur gaming di Asus ROG Phone 3 (tangkapan layar Asus)

5. Harga

Menyoal harga, Asus ROG Phone 3 dibanderol pada kisaran harga Rp16,9 juta hingga varian tertingginya RAM 16GB + Memory internal 512GB seharga Rp18,6 juta. Asus juga menghadirkan Varian Asus ROG Phone 3 Strix Edition yang menggunakan chipset Snapdragon 865 reguler dengan RAM 8GB dan ROM 256GB seharga Rp13,5 juta.

Sebagai kompetitor baru dalam persaingan smartphone gaming, Lenovo belum memberikan informasi detil terkait harga ponsel beserta aksesoris yang akan dijualnya. Kemungkinan hal ini diakibatkan Lenovo Legion Phone baru akan dipasarkan di Tiongkok terlebih dahulu sebelum kawasan negara lain.

Namun diperkirakan, jika ponsel gaming Lenovo masuk ke Indonesia akan dijual dengan harga kisaran Rp8,1 juta untuk varian 12/128GB dan Rp12,5 juta di varian tertingginya dengan 16/512GB.