Asus ROG Phone 3, Ponsel Gaming Sultan
Asus ROG Phone 3 (dok. Asus ROG Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Asus kembali memboyong ponsel gamingnya ke Indonesia. Penerus dari smartphone gaming, ROG Phone 3 ini memang dirancang khusus untuk mereka hardcore mobile gamer

Asus ROG Phone 3 ditenagai Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G yakni prosesor terkencang saat ini. Hadir dengan spesifikasi gaming kelas atas, ponsel ini nyatanya dibanderol cukup terjangkau. 

"Dengan segudang peningkatan dari generasi sebelumnya, ROG Phone 3 dipastikan akan menjadi perangkat andalan para hardcore mobile gamer di Indonesia sebagai senjata utama dalam setiap pertempuran," ujar Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin, saat peluncuran Asus ROG Phone 3, Kamis, 24 September.

Sama seperti pendahulunya yang populer di Indonesia sebagai ponsel gaming, Asus ROG Phone 3 masih mengusung layar berukuran 6,59 inci AMOLED dengan resolusi 2340x1080. ROG Phone 3 juga didukung refresh-rate 144Hz dengan touch latency 25ms dan response time 1ms.

ROG Phone 3 juga mengadopsi layar dengan nilai Delta E < 1 untuk warna akurat dan mendukung tampilan HDR10+. Dari segi desain, Asus membuat ROG Phone 3 tampak lebih kalem dengan mengurangi sudut-sudut tegas kalau ponsel ini merupakan smartphone khusus gaming. 

Soal jeroannya, Asus memberikan beberapa peningkatan selain menggunakan System on Chip (SoC) prosesor terbaru yang telah mendukung fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Asus juga menyematkan RAM LPDDR5 yang telah mendukung UFS 3.1 sebagai media penyimpanan.

"Dapatkah Anda membayangkan ponsel Anda memiliki RAM yang lebih besar dari komputer? LPDDR5 lebih cepat 15 persen dari generasi sebelumnya," ungkap Global Sales and Marketing Director ASUS, Shawn Chang.

Spesifikasi kelas tinggi itu didukung baterai berkapasitas 6.000mAh. Sama seperti pendahulunya, ROG Phone 3 kembali menghadirkan sistem pendingin eksternal yang dapat menjaga performa smartphone tetap stabil meski bermain dalam jangka waktu lama.

Tak lengkap jika ponsel gaming tidak didukung konfigurasi kamera yang mumpuni. Ada tiga kamera yang berada di belakang ponsel. Kamera utama hadir dengan sensor Sony IMX686 berresolusi 64MP dan mampu merekam video hingga 8K. Bersanding juga kamera ultra-wide 13MP dan lensa makro 5MP. Sedangkan kamera swafotonya berresolusi 24MP.

Asus ROG Phone 3 (dok. Asus ROG Indonesia)

Asus juga membekali fitur lainnya, seperti dual speaker GameFX dan Dirac HD Sound, sensor sidik jari di bawah layar, AirTrigger 3 terbaru yang kini dilengkapi dengan motion sensor dalam X Mode di ROG Phone 3. Selain dilengkapi dengan konektivitas seluler terbaru dan WiFi 6, ROG Phone 3 hadir dengan fitur terbaru bernama ROG HyperFusion Technology.

Menyoal harga, ternyata cukup ramah dikantong meski yang kita tahu ponsel gaming selalu dicap dengan harga yang fantastis. Asus menyediakan dua pilihan memori beserta harganya, ponsel RAM 8GB/128 GB dibanderol Rp9,9 juta saja. Sedangkan untuk RAM 12GB dengan penyimpanan 256GB, Asus menghargai ponsel ini sekira Rp14,99 juta.