Bagikan:

JAKARTA – Qualcomm Technologies resmi meluncurkan Snapdragon 8 Elite untuk perangkat mobile di acara Snapdragon Summit. Chipset baru ini diklaim sebagai pemroses perangkat paling cepat dan kuat di dunia. 

Snapdragon 8 Elite menggunakan CPU Qualcomm Oryon generasi kedua yang dirancang khusus, GPU Qualcomm Andreno, dan Qualcomm Hexagon NPU yang telah disempurnakan. Berkat ketiga teknologi tersebut, chipset ini dapat meningkatkan kinerja aplikasi.

Tak hanya itu, gabungan CPU, NPU, dan GPU ini dapat menghadirkan aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) multi-moda, memacu kemampuan terbaik kamera, membuat penjelajahan web menjadi sangat cepat, menghadirkan pengalaman gaming terbaik, dan lainnya.

Chris Patrick, Wakil Presiden Senior dan Manajer Umum Ponsel Genggam Qualcomm Technologies, mengatakan bahwa Snapdragon 8 Elite merupakan chipset seluler pertama yang mendapatkan CPU Oryon. Sebelumnya, CPU ini ditambahkan ke dalam chipset PC. 

"Hari ini, CPU Qualcomm Oryon generasi kedua kami hadir di Platform Seluler andalan kami – ini adalah lompatan besar ke depan dan kami berharap konsumen akan senang dengan pengalaman baru yang dimungkinkan oleh teknologi CPU kami," ungkap Patrick. 

Sementara itu, kemampuan AI generatif multi-moda di chipset ini juga dapat merevolusi pengalaman seluler. AI ini mampu memahami ucapan, konteks, serta gambar. Dengan begitu, produktivitas dan kreativitas bisa didukung sambil memprioritaskan privasi pengguna.

Qualcomm sudah mengungkapkan beberapa produsen ponsel yang akan menggunakan chipset baru ini. Produsen yang akan merilis ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Elite adalah ASUS, Honor, iQOO, OnePlus, OPPO, realme, Samsung, vivo, Xiaomi, dan banyak lagi.