Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kerentanan yang ditemukan pada aplikasi Microsoft untuk macOS telah memungkinkan peretas untuk mengintai pengguna Mac. Peneliti keamanan dari Cisco Talos mengungkapkan bagaimana kerentanan ini dapat dieksploitasi oleh penyerang dan langkah-langkah yang sedang diambil oleh Microsoft untuk memperbaiki celah keamanan tersebut.

Menurut laporan dari Cisco Talos, kerentanan ini memungkinkan peretas untuk mengakses mikrofon dan kamera pada perangkat Mac tanpa sepengetahuan pengguna.

Kerentanan ini bekerja dengan menyuntikkan pustaka berbahaya ke dalam aplikasi Microsoft seperti Outlook dan Teams untuk mendapatkan hak istimewa serta izin yang diberikan oleh pengguna.

Meskipun Microsoft telah memperbarui aplikasi Microsoft Teams dan OneNote untuk macOS guna menangani masalah ini, aplikasi seperti Excel, PowerPoint, Word, dan Outlook masih rentan terhadap eksploitasi.

Cisco Talos juga menyoroti bahwa Apple bisa melakukan perubahan pada sistem TCC (Transparency Consent and Control) untuk meningkatkan keamanan sistem ini.

Saat ini, Microsoft sedang bekerja untuk memperbaiki kerentanan ini, tetapi tampaknya perbaikan tersebut belum menjadi prioritas utama bagi perusahaan.