Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm baru saja mengumumkan System on Chip (SoC) terbaru mereka, Snapdragon 7s Gen 3, yang menawarkan peningkatan performa CPU, kecerdasan buatan (AI) on-device, dan kemampuan kamera yang menjanjikan.

Snapdragon 7s Gen 3 bukanlah chip flagship Qualcomm, melainkan dirancang untuk perangkat kelas menengah yang menginginkan performa tinggi tanpa harga yang mahal. Chip ini memiliki konfigurasi inti 1+3+4, dengan satu inti utama yang mencapai kecepatan hingga 2,5GHz, tiga inti performa hingga 2,4GHz, dan empat inti efisiensi pada 1,8GHz.

Chip ini dibangun dengan proses 4nm dan dilengkapi dengan CPU Kryo, GPU Adreno, serta NPU onboard untuk pemrosesan AI. Qualcomm menyebutkan bahwa CPU pada chip ini 20% lebih kuat, dan GPU-nya dapat meningkatkan performa hingga 40% dibandingkan model sebelumnya, dengan penghematan daya sebesar 12%.

NPU pada Snapdragon 7s Gen 3 mampu menangani tugas-tugas seperti terjemahan dan transkripsi multi-bahasa serta deteksi kontekstual. Qualcomm juga menonjolkan kemampuan chip ini dalam noise-cancellation berbasis AI. Sektor AI pada chip ini menunjukkan peningkatan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan Micro NPU yang digunakan Qualcomm pada Sensing Hub.

Chip ini juga mendukung setup tiga kamera dengan resolusi masing-masing hingga 21MP, atau konfigurasi dua kamera 23+21MP. Snapdragon 7s Gen 3 mampu menangani pengambilan video 4K dan HDR 10-bit, serta mendukung tampilan FHD+ dengan refresh rate 144Hz.

Dalam hal konektivitas, Snapdragon 7s Gen 3 mendukung jaringan 5G mmWave dan Wi-Fi 6E. Qualcomm juga menyatakan bahwa chip baru ini mendukung lebih banyak jaringan dan bandwidth secara global dibandingkan versi sebelumnya.

Beberapa merek seperti RealMe, Samsung, Sharp, dan Xiaomi diperkirakan akan menggunakan Snapdragon 7s Gen 3 dalam perangkat mereka yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.