Waspadai Peretasan, Kamu Wajib Lakukan 3 Cara untuk Tingkatkan Keamanan Akun Instagram
Cara mengamankan Instagram dari peretasan (Hacked)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pekan lalu, Instagram memperkenalkan fitur keamanan terbarunya yang diberi nama Security Checkup. Melalui fitur tersebut, pengguna diberi kemudahan dalam mengembalikan akun miliknya yang diretas.

Berdasarkan uji coba tim VOI, fitur baru Instagram ini bakal langsung berjalan usai Anda memperbarui versi aplikasi. Ketika sudah diperbarui, maka Anda akan melihat jendela informasi baru saat membuka aplikasi untuk pertama kali.

Di dalam jendela informasi tersebut, Instagram akan memandu Anda untuk lebih mengenali dan mengoptimalkan fitur Security Checkup. Meliputi pemeriksaan aktivitas login, konfirmasi akun yang sedang login, peninjauan informasi profil, serta pembaruan informasi kontak untuk pemulihan akun.

Dalam rilis resmi yang dibagikan lewat blog Instagram, perusahaan mengungkapkan bahwa fitur anyar ini hadir sebagai jawaban atas tindak phising atau penipuan yang ditemui pengguna selama beberapa waktu belakang. Tindak kriminal siber tersebut seperti akun palsu yang menyamar sebagai akun resmi Instagram.

Biasanya, akun tersebut mengirimkan pesan lewat direct message (DM) pengguna. Kemudian, akun tersebut akan meminta informasi login –meliputi password dan username dari akun yang bersangkutan.

Anda pernah mendapatkan DM atau pesan sejenis? Jika iya, maka Anda perlu sesegera mungkin mengaktifkan fitur Security Checkup yang sudah disediakan Instagram. Dan terdapat tiga langkah yang bisa Anda lakukan.

Untuk itu, Anda bisa menjalankan cara meningkatkan keamanan akun Instagram versi VOI di bawah ini.

Memperbarui Informasi Email dan Nomor Telepon

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbarui informasi email dan nomor telepon yang terdaftar. Nantinya, saat terjadi sesuatu pada akun Anda, Instagram bisa menghubungi Anda.

Di samping itu, cara ini juga memungkinkan Anda untuk memulikhkan akun sewaktu-waktu. Tapi, perlu dicatat jika email dan nomor telepon merupakan informasi pertama yang akan diubah oleh peretas. Oleh karena itu, Anda perlu menjalankan langkah kedua berikut ini agar makin aman.

Aktifkan Fitur Autentifikasi Dua Faktor

Saat ini, sejumlah platform sudah menambahkan fitur ini pada layananya. Fitur ini berfungsi sebagai alat verifikasi dari akun ketika ada login yang berasal dari perangkat tidak dikenal atau perangkat lain.

Jadi, ketika Anda login akun menggunakan perangkat baru, nantinya IG akan mengirimkan kode pada lewat pesan singkat yang harus Anda masukkan ke dalam kotak informasi pada layar. Kode tersebut hanya dikirimkan satu kali dan berlaku untuk satu sesi saja.

Aktifkan Fitur Permintaan Login

Jika Anda sudah mengaktifkan fitur keamanan autentifikasi dua faktor, jangan lupa untuk juga mengaktifkan fitur permintaan login. Sehingga, setiap platform menemukan adanya aktivitas login dari akun Anda, bakal langsung dicatat dan dilaporkan dalam bentuk peringatan lewat email atau pesan singkat.

Informasi peringatan yang akan Anda dapatkan cukup detail. Meliputi jenis perangkat, sistem operasi yang digunakan, lokasi asal perangkat, hingga waktu login. Jadi, jika Anda merasa lokasi maupun sistem operasi yang digunakan tidak sesuai, Anda bisa langsung bersigegas untuk mengamankan akun.