5 Faktor yang Jadi Penyebab Baterai HP Cepat Habis
Penyebab baterai HP cepat habis (Blog Puls)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak handphone pertama kali dikembangkan hingga kini jadi smartphone, persoalan konsumsi baterai selalu jadi perhatian banyak orang. Mulai dari pihak produsen, yang selalu mencari cara untuk mengatasi baterai HP cepat habis, hingga pengguna.

Terutama saat ini, ketika hampir seluruh aktivitas manusia bisa dilakukan via ponsel. Kebutuhan terhadap HP dengan kapasitas baterai besar pun semakin tinggi. Dan kebutuhan tersebut diakomodasi dengan baik oleh OEM smartphone di Indonesia.

Tapi, sekalipun sudah ada banyak pilihan ponsel dengan baterai berkapasitas besar, ternyata problem baterai boros tidak serta merta diatasi. Oleh karena itu, Anda pun butuh berusaha sendiri untuk mengatasi hal ini.

Maka, sebelum Anda menjalankan cara mencegah baterai jadi boros, lebih baik kenali dulu penyebab baterai HP cepat habis. Dan kali ini, tim VOI sudah merangkumkan dari berbagai sumber beberapa penyebab yang wajib Anda catat.

Background Apps

Yang dimaksud dengan background apps yakni jenis aplikasi yang selalu berjalan meskipun nggak Anda buka di halaman. Biasanya, jenis aplikasi inilah yang paling sering bikin baterai HP jadi boros. Pasalnya, aplikasi background bakal memakan daya terus menerus.

Untuk mengatasinya, cukup atur waktu update jadi lebih jarang. Sebagai contoh adalah aplikasi cuaca. Jika dalam pengaturan sebelumnya aplikasi ini selalu diupdate satu jam sekali, bisa diubah jadi empat atau lima jam sekali.

Auto-brightness

Mungkin Anda nggak menyangka, jenis aplikasi yang Anda piker bisa bikin hemat daya karena fungsinya untuk mengatur kecerahan secara otomatis, ternyata malah jadi salah satu aplikasi yang membutuhkan daya paling besar. Selain itu, ada juga kok pengguna smartphone yang terlalu malas untuk mengatur kecerahan dari pengaturan.

So, daripada Anda punya kenyamanan tapi selalu dibayangi baterai habis dan terputus dari komunikasi, lebih baik atur aja secara manual. Lagipula, nggak makan waktu banyak pun cara yang ribet kok. Cukup buka halaman pengaturan, lalu cari menu pengaturan kecerahan atau brightness.

Google Play Services

Tanpa Anda sadari, ada beberapa aplikasi Google yang jadi sumber masalah baterai smartphone jadi boros. Sayang seribu sayang, sekalipun masalah terurai, sulit untuk mengatasinya. Pasalnya, Anda nggak bisa begitu saja uninstall salah satu aplikasi bawaan Google. Bisa bikin HP berjalan nggak normal!

Tapi, ada lho cara untuk mengatasinya. Cukup buka aplikasi Pengaturan, pilih Aplikasi, Semua, lalu masuk menu Google Play Services. Kemudian, tap menu Clear Cache. Memang nggak langsung membantu. Tapi setidaknya bisa bikin aplikasi bawaan Google jadi nggak makan daya terlalu besar, seperti sebelumnya.

Charger Rusak

Nggak semua masalah yang berakibat pada baterai HP cepat habis disebabkan oleh kesalahan di dalam sistem pengelolaan smartphone. Ada satu masalah yang justru berasal dari luar, yakni persoalan Charger.

Ya, tanpa Anda sadari, charger juga bisa jadi jawaban atas pertanyaan kenapa baterai HP cepat habis. Charger yang sudah rusak atau fungsinya kurang maksimal, ternyata bisa memengaruhi performa maupun kualitas smartphone, lho. Dan jika Anda gunakan dalam waktu panjang, hasilnya sangat merugikan.

Aplikasi yang Bikin Boros Baterai

Selain Google, ada lho jenis-jenis aplikasi yang membutuhkan daya besar. Dan untuk mengetahui pemakaian daya dari masing-masing aplikasi, Anda bisa cek pada Pengaturan.

Pilih menu Battery pada pengaturan. Lalu, smartphone pun akan menampilkan, aplikasi apa aja yang bikin baterai HP boros.

Dan jika Anda pengin laporan yang lebih detail, gunakan aplikasi pihak ketiga seperti GSam Battery Monitor. Setidaknya, Anda jadi mengetahui alasan di balik borosnya baterai smartphone yang Anda gunakan.

Jika Anda sedang mengalami kondisi baterai HP cepat habis, nggak perlu panik plus khawatir. Coba identifikasikan dulu penyebabnya apa, setelah itu solusi pun bakal Anda dapatkan.