Ini Cara Memperbaiki Youtube yang Tidak Bisa Dibuka di Android, iPhone, atau PC
Cara mengatasi YouTube yang bermasalah cukup mudah. (voanews)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian besar masalah yang menyebabkan YouTube tidak bisa dibuka adalah koneksi internet. Bisa jadi karena kuota data habis, atau koneksi internet yang tidak stabil. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan ketika YouTube bermasalah adalah untuk memastikan koneksi: cek kuota data internet atau kecepatan jaringan internet.

Selain itu, masih ada beberapa cara yang bisa dicoba. Biar lebih lengkap, berikut adalah cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka di PC, Android, dan iPhone. 

Cara Memperbaiki YouTube Tidak Bisa Dibuka di Android

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi YouTube bermasalah di Android. Langkah pertama adalah restart atau reboot smartphone. Biasanya, langkah ini bisa jadi solusi cepat dan tepat untuk mengatasi masalah dari beberapa aplikasi. 

Jika cara di atas masih belum bisa menuntaskan masalah, coba buat update sistem operasi. Ada kemungkinan dari YouTube tidak bisa dibuka adalah versi Android yang tak update. Oleh karena itu, kamu pun perlu memperbarui lewat pilihan ‘System updates’. 

Saat smartphone sudah selesai update, segera restart smartphone milikmu. Lalu, buka YouTube untuk memastikan, apakah masalah masih menggantung atau sudah hilang.

Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka di PC

Ada beberapa masalah yang menjadi penyebab YouTube tidak bisa dibuka di PC. Salah satunya adalah karena DNS. Kalo memang ini penyebabnya, biasanya di halaman browser bakal muncul ‘This site can’t be reached www.youtube.com’s server DNS address could not be found’

Jika notifikasi ini muncul, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah tekan CTRL+H. Shortcut ini bakal membawamu masuk ke History browser. Jika sudah, klik tombol Clear Browsing Data, lalu bakal muncul menu pop-up. Pilih menu The Beginning of Time, yang mana bakal membuat seluruh data browsing dihapus semuanya.

Kemudian, berikan tanda centang pada semua opsi yang muncul, klik Clear Browsing. Jika semua langkah ini sudah dilakukan, coba deh buat buka kembali YouTube milikmu, kemungkinan besar bakal berhasil.

YouTube Error di iPhone

Banyak pengguna mengeluh akibat YouTube bermasalah saat akses lewat Safari atau Google Chrome. Dalam sebagian besar kasus, masalah ini disebabkan koneksi internet yang buruk. Oleh karena itu, coba buat me-reset pengaturan jaringan pada iOS lewat Pengaturan > General > Reset lalu tap Reset Network Settings. Tak perlu khawatir, me-reset jaringan nggak akan menghapus data iPhone milikmu, kok.

Masalah lain yang menyebabkan YouTube tidak bisa dibuka adalah karena Bluetooth menyala. Ya, Bluetooth yang menyala juga bisa mengakibatkan iPhone gagal untuk mengakses YouTube. Oleh karena itu, cukup matikan aja Bluetooth lewat Control Center. 

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi problem YouTube yang tidak bisa dibuka pada Android, PC, dan iPhone.