Wajib Disimak! Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android yang Gampang Ditiru
Cara menyembunyikan aplikasi di Android (Expert Hoot)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap dari kita tentu memiliki rahasia. Dan seperti lumrahnya rahasia, sebisa mungkin disimpan rapat. Tak boleh ada yang tahu. Termasuk orang tua, kekasih, hingga istri.

Beruntungnya, jika rahasia tersebut dalam bentuk aplikasi, Anda bisa lebih mudah menyimpannya. Cukup akukan salah satu dari cara menyembunyikan aplikasi di Android berikut ini aja.

Dijamin works!

Tanpa root ponsel yang bisa berpotensi merusak. Hanya melalui beberapa langkah sederhana. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara menyembunyikan aplikasi yang sudah dirangkum tim VOI dari berbagai sumber.

Cara menyembunyikan aplikasi melalui pengaturan

Cara ini sangat efektif untuk menyembunyikan aplikasi bawaan. Ya, saat beli smartphone baru, seringkali ada aplikasi yang sudah diinstall tanpa persetujuan atau keinginan pembeli.

Nah, itulah yang disebut aplikasi bawaan. Di samping itu, aplikasi ini biasanya berjalan di latar belakang. Artinya, tanpa Anda buka pun aplikasi sudah otomatis berjalan.

Hal tersebut seringkali bikin HP jadi lemot. Pasalnya, prosesor dipaksa untuk mengerjakan beberapa hal sekaligus. Anda pun kalo dipaksa untuk mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu bakal jadi panic, kan? Tidak cuma Anda, smartphone juga!

Untuk itu, sembunyikan aja aplikasi bawaan tersebut lewat pengaturan. Cukup buka pilihan Pengaturan, lalu Aplikasi, setelah itu pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Kalo sudah, buka aplikasi tersbeut dan tekan tombol ‘Disable’.

Dengan begitu, aplikasi yang tidak Anda inginkan pun tidak akan lagi berjalan di latar belakang. Cukup jelas kan, bray?

Cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi

Khusus untuk pengguna Xiaomi, Anda butuh aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan beberapa aplikasi. Anda butuh buka Google Play Store, lalu download aplikasi Microsoft Launcher. Bisa jadi langkah dan cara yang tepat untuk menyembunyikan aplikasi, nih!

Pengoperasiannya pun sederhana, kok. Cukup download aplikasi di Google Play Store, buka aplikasi dan tekan ikon titik tiga yang ada di menu utama. Di dalamnya, akan muncul menu lain, pilihlah ‘Hidden App’.

Setelah itu, pilih aja aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Kalo ingin membuka lagi, cukup tekan ikon bertuliskan ‘Unhide’. Mudah, kan?

Cara menyembunyikan aplikasi di Oppo

Sekarang ini, smartphone Oppo memiliki banyak pengguna di Indonesia. Dan seperti smartphone lainnya, banyak aplikasi bawaan yang sering bikin pusing sendiri. Tenang, tinggal download aplikasi Nova Launcher aja.

Dibandingkan aplikasi sejenis, Nova Launcher terbilang unik, lho. Pasalnya, aplikasi ini bisa mengganti nama aplikasi yang diinginkan. Jadi, saat membuka orang pun tidak bakal curiga.

Anda bisa langsung download aplikasi yang disediakan gratis di Google Play Store ini. Untuk pengoperasian, cukup jalankan langkah demi langkah yang sudah tertera di aplikasi aja, ya.