Ingin <i>Install</i> Windows 11 di Laptop atau PC Punyamu? Begini Cara dan Syarat yang Harus Dipenuhi
Cara Install Windows 11 (Blog Windows)

Bagikan:

Hari Jumat kemarin, Microsoft resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru bikinannya. Diberi nama Windows 11, versi ini merupakan penerus dari Windows 10 yang dirilis 2015 lalu.

Menjadi versi anyar, tentu ada banyak pembaruan yang sudah ditanamkan perusahaan. Mulai dari tampilan yang makin ringkas, penambahan fitur-fitur produktivitas, dan masih banyak lagi.

Kini, pengguna sudah memasang Windows 11 pada laptop atau PC masing-masing. Hanya saja, ada beberapa prasyarat yang wajib dipenuhi. Tertarik upgrade versi Windows pada perangkat Anda? Simak syarat serta cara install Windows 11 yang sudah dirangkum tim VOI dari berbagai sumber berikut ini.

Syarat Install Windows 11

Head of Windows and Surface, Panos Panay, menjelaskan lewat blog resmi perusahaan bahwa pengguna Windows 10 sudah bisa upgrade secara gratis hingga 2022 nanti. Baik pengguna yang memasangnya pada laptop maupun PC, kini sudah bisa memperbarui versi sistem operasi.

“Dan mulai pekan depan, kami akan membagikan versi awal Windows 11 pada Windows Insider Program – ini adalah komunitas pengguna Windows yang umpan baliknya begitu penting bagi kami,” terang Panay, Kamis, 24 Juni.

Mengutip situs resmi Windows, sistem operasi untuk laptop dan PC ini hanya bisa dipasang pada perangkat yang didukung prosesor (CPU) dual core atau lebih. Prosesor tersebut juga harus memiliki kecepatan pemrosesan minimun 1 GHz.

Syarat install  Windows 11 yang lain yakni membutuhkan RAM minimal 4GB serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 64GB. Terakhir, dan yang paling penting, perangkat yang bakal dipasangi Windows 11 harus mempunyai Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

TPM versi 2.0 adalah modul berbentuk chip yang terdapat dalam perangkat PC. Tugas modul ini melindungi data yang tersimpan dalam laptop atau PC menggunakan sistem enkripsi.

Melalui modul ini, perangkat bakal lebih aman dari tindak pencurian. Pasalnya, pelaku pencurian harus membobol sistem TPM terlebih dulu sebelum bisa mengakses file dan data yang tersimpan dalam laptop.

Umumnya, laptop atau PC yang dibekali CPU berumur sekitar tiga sampai lima tahun sudah dibekali chip TPM. Hanya saja, untuk memastikannya, Anda bisa menekan tombol shortcut pada keyboard. Yakni tombol Windows + R secara bersamaan.

Selanjutnya, ketikkan perintah ‘tpm.sc’ pada jendela yang muncul. Lalu akhiri dengan klik tombol Ok. Setelah itu, jika Anda melihat jendela pemberitahuan berbunyi ‘The TPM is ready for use’, tandanya perangkat yang dipakai sudah memiliki TPM dan siap dipasangi Windows 11.

Cara Install Windows 11

Setelah Anda memastikan bahwa perangkat yang dipakai sudah memiliki TPM versi 2.0, kini saatnya untuk install Windows 11. Sebelumnya, Anda bisa memasang tools bernama PC Health Check terlebih dulu.

Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut dengan menekan tombol Check Now. Tunggu beberapa saat hingga program selesai bekerja. Selanjutnya akan muncul kotak informasi pada layar bertuliskan “This PC can run Windows 11.