Tips Kaspersky dalam Bermain Threads dengan Tingkat Keamanan yang Tinggi
Ilustrasi Threads (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Threads merupakan platform media sosial baru yang diciptakan oleh Meta. Menariknya, Threads terintegrasi langsung dengan Instagram. 

Jika Anda menggunakan Threads, para ahli Kaspersky telah menyusun tips cara menggunakan Threads dengan aman, data pribadi tetap terlindungi, dan terhindar dari para scammers.

Hal penting yang perlu diketahui mengenai pengaturan keamanan di Threads:

Threads menawarkan Pemeriksaan Keamanan. Fitur ini menampilkan data penting terkait keamanan tentang akun Threads, Instagram, atau Facebook. Ini mencerminkan alamat email yang terhubung saat ini, nomor ponsel, terakhir kali kata sandi diubah dan apakah otentikasi dua faktor (2FA) aktif atau tidak.

Jangan lupa untuk menyiapkan 2FA. Threads terhubung ke profil Instagram Anda dan menggunakan detail logging yang sama, jadi Anda harus ingat, satu kata sandi memberikan akses ke dua akun. Penggunaan 2FA menjadi lapisan keamanan yang melindungi akun dari akses tidak sah selalu lebih aman. 

Cara Mengatur Privasi Threads 

Untuk privasi, batasi pengguna yang dapat menghubungi Anda dengan cara membisukan, membatasi, atau memblokir mereka. 

Untuk memperkuat tingkat privasi di akun Threads Anda, tips berikut mungkin dapat bermanfaat:

  • Anda dapat memantau dan mengatur siapa yang dapat menyebut Anda di postingan dengan simbol '@'.
  • Threads mencoba melawan bahasa yang menyinggung, sehingga pengguna dapat memfilternya dalam tanggapan terhadap postingan mereka. Platform menawarkan beberapa alat, seperti pemfilteran otomatis dengan daftar bawaan atau menambahkan frasa dan kata tertentu secara manual.

“Kami menyarankan Anda terlebih dahulu memperhatikan kemampuan untuk menghapus akun dan tingkat perlindungan akun (2FA, pengaturan privasi)," komentar Anna Larkina, pakar analis konten web di Kaspersky. 

Anna juga mengingatkan bahwa kebocoran data, peretasan akun, pengumpulan pemasaran, dan analisis data pengguna, yang tidak selalu berbahaya, adalah hal biasa saat ini. 

"Untuk meminimalkan risiko menjadi korban peretasan dan tidak meningkatkan jejak digital Anda yang sudah berskala besar, Anda perlu mempelajari persyaratan layanan baru sebelum mendaftar,” tambahnya.