Perhatikan Tips Ini untuk Tetap Aman saat Menggunakan Medsos Baru
Tips terhindar dari scammer di aplikasi baru (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Semakin populer suatu teknologi, maka semakin tinggi juga ancaman sibernya. Salah satunya adalah aplikasi baru yang berada di bawah naungan Instagram, Threads.

Kepopuleran Threads menjadi lahan subur untuk para scammer melancarkan aksinya. Pakar Kaspersky menemukan beberapa taktik penipuan, seperti web palsu, penipuan beli followers, dan masih banyak lagi.

Scammer telah menguasai seni pemanfaatan topik yang sedang tren, menekankan pentingnya menjaga kewaspadaan yang konstan. Prevalensi penipuan seputar ketenaran aplikasi Threads berfungsi sebagai pengingat yang gamblang akan risiko yang kita hadapi di ranah digital,” kata Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky dalam pernyataannya.

Sebagai perlindungan, Svistunova menyarankan pengguna untuk mengadopsi pola pikir skeptis, meneliti aktivitas yang mencurigakan, dan memprioritaskan langkah-langkah keamanan dunia maya. 

“Dengan tetap berhati-hati di tengah daya pikat topik trendi, kita dapat memperkuat pertahanan diri dan menavigasi lanskap digital dengan percaya diri," tambahnya lebih lanjut.

Agar tetap terlindungi dan dapat menjelajahi teknologi baru secara aman, pakar Kaspersky juga merekomendasikan:

  • Berhati-hatilah saat mengunduh perangkat lunak dari internet, terutama jika itu dari situs web pihak ketiga. Selalu unduh perangkat lunak dari situs web resmi perusahaan atau layanan yang Anda gunakan.
  • Pastikan situs web tempat Anda mengunduh perangkat lunak adalah sah. Cari ikon gembok di bilah alamat dan pastikan URL situs web diawali dengan "https://" untuk memastikan situs web aman.
  • Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun Anda dan aktifkan autentikasi dua faktor jika memungkinkan. Ini dapat membantu melindungi akun Anda agar tidak disusupi oleh penyerang. 
  • Berhati-hatilah terhadap tautan atau email yang mencurigakan dari sumber yang tidak dikenal. Penipu sering menggunakan teknik rekayasa sosial untuk mengelabui pengguna agar mengeklik tautan atau mengunduh perangkat lunak berbahaya.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal dan selalu perbarui untuk membantu mendeteksi dan menghapus malware apa pun yang mungkin ada di komputer Anda.