Tips Tentukan Lokasi Bisnis untuk Pelaku UMKM
Ilustrasi (pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips menentukan lokasi bisnis wajib diperhatikan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pasalnya, lokasi bisnis sangat berpengaruh terhadap keberhasilan usaha.

Selain itu, lokasi bisnis juga berkaitan dengan besar kecilnya biaya operasi, harga maupun kemampuan bersaing.

Tips Menentukan Lokasi Bisnis untuk Pelaku UMKM

Dikutip VOI dari laman resmi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Senin, 6 Februari 2023, berikut tips menentukan lokasi bisnis yang wajib diketahui oleh pelaku UMKM.

  1. Perhatikan Segmentasi Demografi Konsumen

Ketika memilih lokasi bisnis, kumpulkan informasi demografi di area yang Anda minati, termasuk populasi, usia dan pendapatan untuk melihat apakah pasar itu pasar yang tepat untuk menjual produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Semakin kamu mengetahui target pasar untuk produk atau layanan kamu akan semakin memudahkan kamu utuk menentukan lokasi bisnis kamu.

  1. Perhatikan Tingkat Keramaian

Tips menentukan lokasi bisnis yang kedua adalah memperhatikan tingkat keramaian, seperti kendaraan dan pejalan kaki yang lewat.

Apabila lokasi bisnis Anda kerap dilewati kendaraan atau pejalan kaki, maka dapat dipastikan bahwa lokasi tersebut cocok untuk membuka bisnis.

Semakin tinggi tingkat mobilitas di lokasi tersebut, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan konsumen.

  1. Perhatikan Akses ke Lokasi Bisnis
Ilustrasi lokasi bisnis yang strategis
Ilustrasi lokasi bisnis yang strategis (Pexels)

Akses ke lokasi bisnis yang mudah dijangkau dapat meningkatkan minat konsumen untuk mengunjungi bisnis Anda.

Memilih lokasi bisnis yang dapat dengan mudah diakses transportasi umum akan meningkatkan minat konsumen untuk berkunjung.

  1. Cari Informasi Tentang Bisnis Lain di Sekitar Lokasi Binis Anda

Jika disekitar lokasi bisnis Anda berdiri bisnis-bisnis lain, peluang untuk mendatangkan konsumen konsumen ke bisnis Anda akan lebih besar. Namun pastikan kamu menjual produk yang berbeda dibandingkan usaha lainnya.

  1. Perhatikan Kebersihan Lokasi Bisnis

Sebelum menetapkan untuk membuka bisnis di suatu lokasi, cek dulu kebersihan kawasan tersebut. Konsumen akan ragu untuk membeli produk atau layanan kamu jika lingkungan tempat bisnis kamu kotor dan kumuh.

  1. Perhatikan Keamanan di Sekitar Lokasi Bisnis

Selain kebersihan, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kemanan di sekitar lokasi bisnis.

Lokasi yang aman dapat menambahkan kenyamanan konsumen. Ini juga dapat menguntungkan kamu sebagai pelaku bisnis karena dapat mengurangi risiko pencurian ataupun perusakan yang bisa terjadi pada usaha kamu.

  1. Perhatikan Jumlah Kompetitor

Berikutnya, yakni memperhatikan jumlah kompetitor yang ada di sekitar lokasi bisnis Anda. Terkait hal ini, Anda disarankan untuk memilih lokasi bisnis dengan tingkat persaingan rendah.

Jika tingkat persaingan di sekitar lokasi bisnis Anda tinggi, Anda harus menciptakan inovasi baru supaya konsumen dapat tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

  1. Perhatikan Kemudahan Perizinan

Tips menentukan lokasi bisnis yang terakhir adalah perihal kemudahan perizinan usaha. Ini adalah hal yang tidak boleh diabaikan, karena mungkin akan mengakibatkan risiko yang lebih besar di kemudian hari.

Demikianlah tips menentukan lokasi bisnis untuk pelaku UMKM. Semoga bermanfaat!